Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Hal 29 Uji Kompetensi Bab 1
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Kunci Jawaban Pkn Kelas 9 Hal 29, Foto: Unsplash/Niko Mufrida.
Ilustrasi Kunci Jawaban Pkn Kelas 9 Hal 29, Foto: Unsplash/Niko Mufrida.

Kunci jawaban PKN kelas 9 hal 29 bisa dimanfaatkan siswa untuk belajar mandiri di rumah. Uji kompetensi ini berisi tentang sejarah Indonesia dan implementasi Pancasila dalam nilai-nilai kehidupan sehari-hari.

Terlebih lagi sebagai warganegara Indonesia, mempelajari mengenai sejarah Indonesia dan Pancasila sangatlah penting. Meski sudah diberikan kunci jawaban, siswa perlu mengerjakannya sendiri terlebih dahulu sehingga siswa bisa mengukur pengetahuan yang dimiliki.

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Hal 29

Ilustrasi Kunci Jawaban Pkn Kelas 9 Hal 29, Foto: Unsplash/Ar Ducha Misfa'i.
Ilustrasi Kunci Jawaban Pkn Kelas 9 Hal 29, Foto: Unsplash/Ar Ducha Misfa'i.

Dikutip dari buku Pancasila - Eksistensi dan Aktualisasi karya Hernadi Affandi (2020), Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya dan sosial yang ada dalam diri bangsa Indonesia sejak nenek moyang hingga saat ini.

Bagi yang sedang mengerjakan uji kompetensi bab 1 dan merasa kesulitan. Berikut adalah kunci jawaban PKN kelas 9 hal 29 uji kompetensi bab 1 sebagai referensi.

  1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan? Jawaban : Penerapan Pancasila pada masa awal kemerdekaan berjalan sangat baik karena perjuangan para Pahlawan. Selain itu, karena negara Indonesia merupakan negara yang baru merdeka, sehingga persatuan dan kesatuannya sangat kuat.

  2. Jelaskan latar belakang Pemberontakan DI/TII dan RMS di Indonesia! Jawaban : a. DI/TII Di latar belakangi karena kekecewaan Kartosuwiryo atas hasil perjanjian Renville, selain itu karena adanya keinginan untuk mengganti Pancasila dengan Syariat Islam. b. RMS Di latar belakangi karena kekecewaan para bekas prajurit KNIL terhadap kebijakan pemerintah, serta karena keinginan beberapa tokoh untuk mendirikan negara sendiri.

  3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa Orde Baru? Jawaban : Pada saat itu pemerintah berhasil melakukan pertahanan terhadap Pancasila sebagai sebuah dasar negara dan ideologi bangsa. Dapat dilihat dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan, di antaranya menjalankan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita), pelaksanaan pemilihan umum (pemilu), dan menetapkan pendidikan Pancasila dalam kegiatan belajar di sekolah.

  4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi! Jawaban: Tantangan dalam menerapkan Pancasila di masa reformasi yakni menurunnya rasa persatuan dan kesatuan antar sesama warga bangsa yang ditandai dengan konflik antar daerah, dan tawuran antar pelajar. Ada pula tantangan pada perkembangan dunia yang begitu cepat, tantangan terhadap kondisi kehidupan yang serba bebas, seperti bebas berekspresi dan bebas berbicara.

  5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara? Jawaban: Arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara adalah menjaga dan mempertahankan nilai- nilai Pancasila yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari- hari. Pancasila juga termasuk prinsip bangsa Indonesia untuk mencapai kehidupan yang berdaulat, adil, dan makmur.

  6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka! Jawaban: Maksud dari kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka artinya Pancasila bersifat dinamis, mengandung nilai dasar yang tidak akan pernah berubah, dapat mengikuti perkembangan zaman, dan mendorong perkembangan pemikiran baru tentang ideologi tersebut tanpa kehilagan jati dirinya.

  7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari! Jawaban : a. Ketuhanan: melaksanakan ibadah dan kewajiban sesuai aturan agama yang diyakini. b. Kemanusian: menghormati dan menghargaai perbedaan dan keberagaman yang ada. c. Persatuan: melestarikan budaya gotong-royong. d. Kerakyatan: melaksanakan musyawarah secara mufakat dalam mengambil keputusan bersama. e. Keadilan: mendahulukan kewajiban daripada hak.

  8. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah! Jawaban : a. Pemilihan ketua kelas b. Memberikan pendapat di depan kelas c. Mengikuti organisasi

  9. Bagaimana perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat? Jawaban: a. Mengikuti kegiatan ronda malam dengan aktif b. Tamu wajib lapor kepada RT/RW c. Melapor kepada pihak berwajib jika mengetahui tindakan kriminal di lingkungan

  10. Keteladanan apa saja yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara? Jelaskan! Jawaban: a. Mematuhi perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. b. Menerapkan sikap rela berkorban. c. Mendahulukan kepentingan bersama (negara). d. Bersikap adil kepada masyarakat.

Baca Juga: 16 Contoh Soal PKn Kelas 11 Semester 2 beserta Jawabannya

Demikian uraian kunci jawaban PKN kelas 9 halaman 29 yang bisa digunakan sebagai referensi. Semoga dapat dipahami dengan mudah. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/kunci-jawaban-pkn-kelas-9-hal-29-uji-kompetensi-bab-1-217uo57A5u5

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations