Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8: Penyimpangan Nilai Pancasila
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8, Sumber: Unsplash/Kelly Sikkema
Ilustrasi Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8, Sumber: Unsplash/Kelly Sikkema

Pancasila adalah dasar negara yang harus dipatuhi oleh semua orang Indonesia. Sayangnya terdapat beberapa penyimpangan seperti pada masa awal kemerdekaan hingga Orde Lama. Hal inilah yang dibahas dalam kunci jawaban PKN kelas 9 halaman 8.

Namun sebelum melihat kunci jawabannya, siswa bisa membaca soal dan mengerjakannya terlebih dahulu. Dengan demikian, siswa bisa mengetahui kemampuannya sendiri.

Soal PKN Kelas 9 Halaman 8

Ilustrasi Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8, Sumber: Unsplash/Firmbee.com
Ilustrasi Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8, Sumber: Unsplash/Firmbee.com

Kunci jawaban ini dibuat berdasarkan soal dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX, Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra (2018: 8). Berikut selengkapnya dan bisa dikerjakan siswa terlebih dahulu.

  1. Pilihlah salah satu contoh peristiwa penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir Orde Lama.

  2. Susun pertanyaan yang ingin kamu ketahui sesuai topik yang dipilih

  3. Carilah informasi tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber belajar

  4. Diskusikan dengan kelompokmu, hubungkan berbagai informasi yang kamu peroleh dan buatlah kesimpulan tentang peristiwa tersebut.

  5. Susun laporan hasil telaah kelompok secara tertulis, dan sajikan di depan kelas.

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8

Ilustrasi Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8, Sumber: Unsplash/Aaron Burden
Ilustrasi Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 8, Sumber: Unsplash/Aaron Burden

Setelah mengerjakan soal di atas, maka siswa bisa memanfaatkan kunci jawaban PKN kelas 9 halaman 8 untuk mengoreksi tugasnya. Inilah penjelasannya.

1. Kunci Jawaban Nomor 1

Pemberontakan PKI

2. Kunci Jawaban Nomor 2

  • Apa itu PKI?

  • Kapan pemberontakan PKI terjadi?

  • Bagaimana proses terjadinya pemberontakan PKI?

  • Siapa saja yang gugur dalam peristiwa pemberontakan PKI?

3. Kunci Jawaban Nomor 3

Siswa bisa mencari berbagai informasi tentang PKI dan pemberontakannya di internet atau buku paket. Ada beberapa pemberontakan yang pernah terjadi. Salah satunya adalah G30S/PKI.

4. Kunci Jawaban Nomor 4

PKI merupakan singkatan dari Partai Komunis Indonesia. Partai politik ini memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, yaitu komunis. Beberapa pemberontakan pernah dilancarkan oleh anggota PKI. Salah satunya adalah G30S/PKI.

Pemberontakan G30S/PKI terjadi pada tanggal 30 September 1965 di Lubang Buaya. DN Aidit sebagai pemimpin terakhir PKI memimpin pemberontakan ini dengan mencari para perwira tinggi TNI AD Indonesia.

Beberapa orang gugur dalam pemberontakan ini, yaitu Letjen Ahmad Yani, Mayjen Raden Soeprapto, Mayjen S. Parman, Brigjen Sutoyo, Brigjen D.I. Panjaitan Kettu P.A. Tendean, dan Mayjen M.T. Haryono. Mereka dibunuh dan dibuang ke sumurdi Lubang Buaya.

Ade Irma Suryani yang merupakan anak Jenderal A.H. Nasution juga turut jadi korban dalam pemberontakan ini. Hal ini disebabkan ia tertembak saat pemberontak mencari ayahnya.

4. Kunci Jawaban Nomor 5

Siswa bisa langsung menulis laporan sesuai jawaban yang sudah ditemukan sebelumnya dan mempresentasikannya di depan kelas bersama teman.

Baca juga: Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Halaman 29-30 Lengkap

Kunci jawaban PKN kelas 9 halaman 8 di atas hanya menjadi referensi saja. Dengan demikian, jawaban siswa bisa saja berbeda. Hal ini diperbolehkan selama siswa menjawabnya dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/kunci-jawaban-pkn-kelas-9-halaman-8-penyimpangan-nilai-pancasila-217kRcGUDCy

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations