Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 181 tentang Pameran Seni Rupa
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi kunci jawaban seni budaya kelas 9 halaman 181 - Sumber: Pixabay/Pexels
Ilustrasi kunci jawaban seni budaya kelas 9 halaman 181 - Sumber: Pixabay/Pexels

Mempersiapkan pameran seni rupa merupakan salah satu materi yang diajarkan di kelas 9. Guna memahami materi lebih dalam, siswa bisa mengerjakan soal latihan. Kemudian, kunci jawaban seni budaya kelas 9 halaman 181 bisa dijadikan lembar koreksi.

Cara belajar seperti ini bisanya akan lebih efektif dibandingkan hanya dengan menghapal. Apalagi jika digabungkan dengan pelajaran praktik, informasi yang didapat pun makin lengkap.

Soal dan Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 181

Ilustrasi Soal dan Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 181 - Sumber: Pixabay/StockSnap
Ilustrasi Soal dan Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 181 - Sumber: Pixabay/StockSnap

Soal dan kunci jawaban Seni Budaya kelas 9 halaman 181 terkait dengan materi pameran senu rupa. Seni rupa adalah cabang seni yang bentuk dan wujudnya dapat dilihat dan diraba. Sementara itu, pameran adalah pertunjukan hasil karya seni.

Jadi, pameran seni rupa adalah pertunjukan atau kegiatan penyajian karya seni rupa. Tujuannya adalah untuk memamerkan karya guna mendapat apresiasi dari masyarakat luas. Setelah mengetahui materi ini, siswa akan diberi soal esai.

Soal

  1. Apa yang kalian ketahui tentang pameran seni rupa?

  2. Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta!

  3. Sebutkan 3 karya seni rupa yang bisa dijadikan pameran out door!

  4. Sebutkan tugas pembimbing/pembina pameran!

  5. Sebutkan 3 kelengkapan ruang pameran!

Kunci Jawaban

  1. Pameran seni rupa merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk mengomunikasikan, memperkenalkan, memperlihatkan, serta memajang hasil karya. Tujuannya adalah agar bisa diminati, dihayati, serta diapresiasi.

  2. Berdasarkan jumlah pesertanya, pameran seni terbagi menjadi dua, yaitu tunggal dan kelompok. Dikutip dari buku Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX, Milasari, dkk. (2018: 171), berikut penjelasan mengenai pameran tunggal dan pameran kelompok.

    • Pameran tunggal adalah pameran yang dilaksanakan perorangan dan hasil karya yang dipamerkan adalah karya seni satu orang saja.

    • Pameran kelompok adalah pameran yang pesertanya lebih dari satu orang atau terdiri dari beberapa kelompok. Hasil pamerannya berupa karya koletif atau karya individu tetapi dipamerkan secara bersamaan.

  3. Mengutip dari buku yang sama, Milasari, dkk. (2018: 172), karya seni rupa yang bisa dijadikan pameran outdoor, yaitu patung batu, pameran lukisan, atau keramik.

  4. Tugas Pembina pameran adalah membimbing serta memberi saran kepada panitia pameran; dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan pameran.

  5. Kelengkapan ruang pameran meliputi sketsel, papan panel, meja, label karya, buku tamu, lighting, sound system, dan lain-lain.

Baca juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 155: Seni Grafis

Kunci jawaban Seni Budaya kelas 9 halaman 181 ini bisa dijadikan sebagai lembar koreksi untuk dicocokkan dengan hasil pekerjaan. Semoga membantu! (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/kunci-jawaban-seni-budaya-kelas-9-halaman-181-tentang-pameran-seni-rupa-22AaKCfUGDi

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations