Lama Pendidikan Dokter dan Macam-Macam Dokter Spesialis
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Pendidikan Dokter Berapa Tahun. Sumber: Unsplash/Derek Finch
Ilustrasi untuk Pendidikan Dokter Berapa Tahun. Sumber: Unsplash/Derek Finch

Pendidikan dokter berapa tahun? Dokter adalah profesi yang sangat mulia. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik ingin menjadi seorang dokter. Ada banyak hal yang harus dipahami jika bercita-cita menjadi dokter, salah satunya adalah lama pendidikan.

Untuk menjadi dokter, seseorang harus melewati sejumlah tahapan pendidikan. Tahapan tersebut ada yang wajib dan tidak wajib untuk dijalankan.

Pendidikan Dokter Berapa Tahun?

Ilustrasi untuk Pendidikan Dokter Berapa Tahun. Sumber: Unsplash/National Cancer Institute
Ilustrasi untuk Pendidikan Dokter Berapa Tahun. Sumber: Unsplash/National Cancer Institute

Mengutip dari Etika Hukum Kesehatan Profesi Kebidanan, Azhari, dkk (2023:50), dokter adalah orang yang mempunyai kewenangan untuk melakukan pelayanan kesehatan, terutama memeriksa dan mengobati penyakit.

Berdasarkan pasal 1 ayat 11 Undang-Undang No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, pengertian dokter adalah suatu pekerjaan yang dilaksanakan berdasarkan suatu keilmuan, kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan yang berjenjang, dan kode etik yang bersifat melayani masyarakat.

Lantas, pendidikan dokter berapa tahun? Ada dua tahapan wajib dalam program pendidikan dokter, yaitu tahap pendidikan sarjana (S1) dan tahap pendidikan profesi untuk meraih gelar dokter.

Pada tahap pertama, mahasiswa harus menyelesaikan pendidikan sarjana selama 3,5 hingga 4 tahun. Setelah pendidikan sarjana selesai, mahasiswa akan mendapat gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked.)

Tahap pendidikan selanjutnya adalah pendidikan profesi dokter yang bisa diselesaikan selama 1,5 hingga 2 tahun. Program ini juga dikenal dengan istilah koas. Setelah itu, mahasiswa wajib mengikuti UKMPDD untuk mendapatkan gelar dokter (dr.) dan Surat Tanda Registrasi (STR).

Jadi, pendidikan dokter membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 7 tahun untuk diselesaikan.

Macam-Macam Dokter Spesialis

Ilustrasi untuk Pendidikan Dokter Berapa Tahun. Sumber: Unsplash/Patty Brito
Ilustrasi untuk Pendidikan Dokter Berapa Tahun. Sumber: Unsplash/Patty Brito

Setelah menyelesaikan dua tahap tersebut, masih ada satu tahap lagi yang tidak wajib diambil, yaitu program spesialis. Ada macam-macam dokter spesialis sebagai berikut.

1. Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD.)

Dokter spesialis penyakit dalam merupakan dokter yang mempunyai pengetahuan serta keterampilan khusus mengenai diagnosis dan perawatan berbagai penyakit pada organ tubuh dalam. Selain itu, dokter spesialis penyakit dalam juga mempunyai pengetahuan mengenai penyakit menular dan berbagai penyakit kronis.

2. Dokter Spesialis Mata (Sp.M.)

Dokter spesialis mata merupakan dokter yang mempunyai spesialisasi pada bidang mata, termasuk untuk mendiagnosis dan merawat berbagai penyakit serta gangguan pada mata. Beberapa kondisi medis yang ditangani dokter ini adalah katarak, glaukoma, dan sebagainya.

Baca juga: 6 Cara Memilih Jurusan Universitas agar Tidak Menyesal

Pendidikan dokter berapa tahun? Terdapat dua tahap pendidikan wajib yang harus dijalankan untuk meraih gelar dokter yang bisa didapat dalam waktu 6 hingga 7 tahun. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/lama-pendidikan-dokter-dan-macam-macam-dokter-spesialis-22178jdNtuJ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations