LAN Sesuaikan Pelatihan ASN dengan Kebijakan Baru Pemerintah
Banyak aturan baru yang diterbitkan pemerintah, LAN akan sesuaikan materi pelatihan ASN. #bisnis #update #bisnis #text
Ilustrasi PNS Kemenkeu. Foto: Dok. djpb.kemenkeu.go.id
Ilustrasi PNS Kemenkeu. Foto: Dok. djpb.kemenkeu.go.id

Lembaga Administrasi Negara (LAN) memastikan akan menyesuaikan pelatihan dasar Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan kebijakan baru pemerintah. Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Basseng, mengatakan hal tersebut dilakukan agar ASN maupun Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) mengikuti perkembangan zaman dan perubahan yang ada di pemerintah.

Berdasarkan kajian yang dilakukan Pareto Economics pada 2023 terkait dengan pengaruh negara-negara di dunia terhadap kepemimpinan dan pengaruh di tingkat internasional, Indonesia menempati posisi ke-34. Menurut Basseng, capaian ini mengindikasikan bahwa meskipun Indonesia telah masuk menjadi member G20, tidak secara signifikan mempengaruhi dunia internasional.

“Oleh karena itu, menyikapi hal tersebut, kita masih membutuhkan birokrat-birokrat yang andal untuk mengejar ketertinggalan di kancah internasional” ujar Basseng dalam keterangannya, Selasa (21/5).

Basseng menjelaskan, LAN juga mengembangkan kompetensi serta penyesuaian-penyesuaian konten pelatihan kepemimpinan yang mengikuti perkembangan strategis. Terbaru, LAN mengeluarkan Keputusan Kepala LAN Nomor 244/K.1/HKM.02.2 tentang Pedoman Penjaminan Mutu Pelatihan ASN.

"Dengan kebijakan tersebut, LAN berupaya untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan melalui proses penjaminan mutu untuk menjamin kompetensi peserta pelatihan sudah sesuai dengan standar dan output yang diharapkan," kata dia.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN, Erna Irawati, menjelaskan melalui beleid tersebut, telah diatur jenis penjaminan mutu yang terdiri dari penjaminan mutu nasional yang dilakukan LAN, penjaminan mutu lembaga pelatihan yang dilakukan oleh setiap lembaga pelatihan, dan penjaminan mutu lembaga pelatihan tidak terakreditasi.

“Melalui ketiga jenis penjaminan mutu tersebut telah mengatur proses, mekanisme, dan tahapan yang dilakukan oleh masing-masing tim penjamin mutu di setiap tingkatannya. Oleh karena itu, ke depan, kami akan mendorong tim penjamin mutu dari internal lembaga pelatihan dapat melibatkan seluruh unsur penyelenggara pelatihan” ungkapnya.

Erna juga mengatakan, para ASN dan CASN juga bisa memanfaatkan Platform ASN Berpijar sebagai pembelajaran digital mandiri dalam pengembangan kompetensi ASN serta sistem pembelajaran terintegrasi.

“Saya berharap setiap penyelenggara pelatihan dapat menyesuaikan dengan kebijakan baru dalam proses penjaminan mutu pelatihan yang akan berdampak pada perbaikan kualitas dan kapasitas yang berkelanjutan guna menjawab tantangan di masa yang akan datang,” tambahnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/lan-sesuaikan-pelatihan-asn-dengan-kebijakan-baru-pemerintah-22meAXtBxY4

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations