Langkah Baru PSI: Kaesang Ketum, Raja Juli Antoni Balik Jadi Sekjen
Tidak hanya menunjuk Kaesang sebagai ketum, PSI juga menunjuk kembali Raja Juli Antoni sebagai sekjen partai. #newsupdate #update #news #text
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep dan Sekjen PSI terpilih Raja Juli Antoni meneriakkan yel-yel dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023).  Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep dan Sekjen PSI terpilih Raja Juli Antoni meneriakkan yel-yel dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengangkat putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, sebagai ketua umum partai. Kaesang yang baru dua hari menjadi kader PSI itu, menggantikan Giring Ganesha yang telah menjabat Ketum PSI sejak November 2021.

Penunjukan Kaesang sebagai Ketum PSI disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dalam Kopdarnas di Djakarta Theater, Senin (25/9). Berikut isi surat keputusan yang dibacakan Grace:

Izinkan saya membacakan SK Dewan Pembina tentang Pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketum DPP PSI.

"Menimbang dst, memperhatikan dst, memutuskan, menetapkan:

1. Pengangkatan saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI, DPP PSI periode 2023-2028.

2. SK ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya dan dapat ditinjau ulang sesuai AD/ART PSI.

Tertanda Ketua Dewan Pembina dan Sekretaris Dewan Pembina

"Kaesang menjadi Ketum PSI periode 2023-2028," jelas Grace.

Tidak hanya mengangkat Kaesang sebagai ketum, PSI juga merotasi sejumlah jabatan strategis lainnya. Di antaranya Giring yang kini menjadi anggota Dewan Pembina Partai setelah tidak lagi menjabat ketua umum.

Selain itu, Plt Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka juga menyelesaikan tugasnya. Dia bersama Giring menjadi anggota dewan pembina.

Posisi sekjen kini diisi oleh Raja Juli Antoni menggantikan tugas Isyana. Raja Juli sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI.

Tugas sebagai sekjen PSI pernah diemban Raja Juli ketika partai dipimpin Ketum Grace.

Pidato Pertama Kaesang

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Di Kopdarnas Kaesang menyampaikan pidato politik pertamanya. Ia menyinggung alasannya terjun ke politik hingga memilih PSI yang partai kecil menjadi kendaraannya berpolitik.

"Terus terang saya masuk politik salah satu aspirasinya ya bapak saya sendiri," kata Kaesang yang langsung disambut sorak-sorai 'Jokowi... Jokowi... Jokowi.

Kaesang mengaku ingin mengikuti jejak Jokowi dalam berpolitik untuk kebaikan banyak orang.

"Beliau ini orang yang sangat saya cintai dan saya hormat, saya ingin mengikuti jejak beliau berpolitik untuk kebaikan," tuturnya.

"Kepada Bapak, saya ingin menyampaikan izin saya mau menempuh jalan saya, Pak. Semoga gusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih ini," sambungnya.

Acara Kopdarnas dihadiri sejumlah relawan Jokowi. Kaesang juga menyampaikan pesan kepada mereka.

"Saya percaya bahwa parpol penting dalam pemilihan presiden, namun belum tentu kandidat tersebut menang tanpa ada dukungan dari relawan yang bergerak dengan ikhlas tanpa pamrih," kata Kaesang.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023).  Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Kaesang berterima kasih kepada relawan yang mengantar Jokowi menjadi presiden dua periode. Ia berharap para relawan setia mendukung bapaknya.

"Terima kasih juga atas kehadiran, kalau di sini tertulisnya 137 organ relawan Pak Jokowi, tapi tadi saya diinfo katanya ada 200 ya sekarang ya? Sekali lagi, saya enggak di-update soalnya hehe. Terima kasih pada semua karena sudah mengantarkan Pak Jokowi sebagai presiden dua periode, dan masih setia bersama beliau sampai sekarang dan semoga selamanya," ujarnya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih yang banyak, semoga ke depannya kita bisa berkolaborasi," tambahnya.

Sebagai ketua umum, Kaesang memasang target untuk partainya lolos ke DPR. PSI saat ini merupakan partai nonparlemen. Kondisi itu juga menjadi alasan Kaesang masuk ke partai yang dianggap orang masih kecil tersebut.

"Saya ingin berjuang bersama kawan-kawan semua di sini agar di 2024 PSI menjadi partai besar, dan di 2024 PSI akan ada di DPR RI,” kata Kaesang.

https://kumparan.com/kumparannews/langkah-baru-psi-kaesang-ketum-raja-juli-antoni-balik-jadi-sekjen-21GGk4L9YFE

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations