Le Sserafim Tuai Kritikan Netizen, Dianggap Nistakan Agama Katolik Lewat MV Easy
Karya terbaru dari Chae Won, Yun Jin, Sakura, Kazuha, Eun Chae, itu menuai beragam kontroversi. #kumparanK-POP #newsupdate
Girl grup Le Sserafim. Foto: YUICHI YAMAZAKI/AFP
Girl grup Le Sserafim. Foto: YUICHI YAMAZAKI/AFP

Girl grup besutan HYBE, Le Sserafim, belum lama ini melangsungkan comeback dengan merilis mini album ketiga mereka yang berjudul Easy. Namun, mini album tersebut justru menuai kecaman dari warganet.

Karya terbaru dari Chae Won, Yun Jin, Sakura, Kazuha, Eun Chae, itu menuai beragam kontroversi. Mulai dari tudingan plagiat, pemilihan pakaian yang dinilai kurang pantas, dan juga penistaan agama.

Mini album terbaru Le Sserafim itu terdiri dari lima lagu yaitu Good Bones, Easy, Swan Song, Smart, dan We got so much. Mengutip dari Koreaboo, tudingan plagiat ini terjadi di lagu Smart. Di mana lagu tersebut disebut-sebut mirip dengan lagu Tyla yang berjudul Water.

Warganet juga ramai-ramai membagikan kemiripan antara lagu Easy dan Water.

Sementara, di Indonesia sendiri kontroversi Le Sserafim yang mencuat terkait penistaan agama. Video klip terbaru Easy dinilai memelesetkan simbol-simbol agama Katolik.

Sebuah akun Twitter @annyeonglian menyebut bahwa beberapa simbol agama katolik telah diubah oleh grup besutan HYBE tersebut, seperti penggunaan altar, lambang hati kudus Yesus yang diubah menjadi logo huruf LSF.

"Misdinar yang bawa salib tapi diganti dengan logo mereka ini udah gabisa komen, udah beneran gak respect," tulis akun @annyeonlian.

Beberapa warganet juga menganggap mereka berperilaku dan menggunakan pakaian yang tidak pantas di dalam gereja yang jadi lokasi syuting video tersebut.

Akibat kontroversi tersebut banyak warganet yang mengecam dan meminta agensi untuk segera bertindak. Hingga saat ini HYBE belum angkat suara terkait kontroversi dari lagu tersebut.

Sementara itu, akun X @LSRFM_SUPP_TEAM mengatakan bahwa gereja yang jadi latar syuting untuk video klip Easy merupakan Gereja Immanuel Prebyterian di California.

Tak hanya Le Sserafim, rupanya banyak musisi yang juga pernah menggunakan gereja sebagai latar syuting, seperti My Chemical Romance untuk lagu Helena, acara TV dan film seperti Amazing Spider Man, Sister Act 2, Legally Blonde, John Wick, Dynastie, hingga X file.

https://kumparan.com/kumparank-pop/le-sserafim-tuai-kritikan-netizen-dianggap-nistakan-agama-katolik-lewat-mv-easy-22DpEaYJv1L

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations