Leah Williamson Comeback ke Lionesses, Sarina Wiegman: Senang Dia Kembali Lagi
Sarina Wiegman mengaku senang Leah Williamson akhirnya bisa kembali ke Timnas Wanita Inggris usai absen 11 bulan. #bolanita #bola #bolasports #text
Leah Williamson. Foto: Ben Stansall / AFP
Leah Williamson. Foto: Ben Stansall / AFP

Kabar menyenangkan datang dari Inggris. Leah Williamson akhirnya kembali masuk dalam skuad Timnas Wanita Inggris arahan Sarina Wiegman.

Nama Leah Williamson masuk dalam daftar 23 pemain yang dirilis Lionesses Selasa (13/2) kemarin. Ia dan timnasnya akan melakoni dua laga persahabatan kontra Austria dan Italia di Spanyol pada akhir Februari ini.

Ini adalah kali pertama pemain 26 tahun itu kembali masuk dalam skuad Lionesses. Sebelumnya, Leah Williamson absen selama 11 bulan dari lapangan imbas cedera ACL yang dialaminya sejak April 2023.

Penunjukan Leah untuk kembali ke skuad Lionesses tentu merupakan hasil dari keputusan Sarina Wiegman. Pelatih asal Belanda itu mengaku terkesan dengan perkembangan sang pemain usai alami cedera ACL panjang.

"Senang sekali bisa mendapatkan dia kembali karena dia adalah pemain yang sangat bagus, meskipun dia telah lama absen berbulan-bulan, sekarang dia telah kembali, pengambilan keputusannya juga masih sangat bagus," tutur Wiegman soal comeback-nya Leah Williamson ke Lionesses, dikutip dari Morning Star.

"Perkembangan tim sangat baik, performa pemain juga meningkat, tapi tetap senang akhirnya dia bisa kembali," sambung Wiegman.

Leah Williamson. Foto: Justin Tallis/AFP
Leah Williamson. Foto: Justin Tallis/AFP

Di turnamen terakhirnya bersama Lionesses, yakni pada Euro 2022, Leah merupakan kapten timnya. Ia berhasil memimpin rekan-rekannya menjadi juara setelah mengiris tipis Jerman dalam partai final di Stadion Wembley, Inggris.

Saat ditanya apakah ban kapten akan kembali ke tangan Leah Williamson, Wiegman belum bisa memastikan hal tersebut. Sarina Wiegman perlu membicarakan lebih dulu dengan para pemain soal keputusan ini.

"Saya harus berbicara dengan para pemain lebih dulu tentang itu. Kami harus memulai lagi, kami akan meninjau ulang dan melakukan pembicaraan dengan para pemain terlebih dahulu," kata Wiegman.

Sementara itu, Inggris dijadwalkan untuk bertemu dengan Austria pada 23 Februari mendatang. Lalu, menghadapi Italia empat hari berselang.

Kedua pertandingan itu akan digunakan sebagai persiapan jelang Kualifikasi Euro 2025. Babak kualifikasi turnamen wanita antarnegara di Eropa itu dijadwalkan berlangsung mulai April 2024 nanti.

"Kamp ini adalah tempat dimulainya jalan menuju Euro 2025 di Swiss. Bermain melawan tim kuat seperti Austria dan Italia adalah persiapan yang kami perlukan sebelum memulai kampanye kualifikasi pada bulan April. Saya sudah menantikan untuk kembali ke lapangan bersama tim saya," pungkas Wiegman.

Leah Williamson. Foto: Justin Tallis/AFP
Leah Williamson. Foto: Justin Tallis/AFP

Di lain sisi, Leah Williamson sudah mulai kembali bermain dengan Arsenal sejak 25 Januari kemarin. Momen comeback-nya ke lapangan hadir saat The Gunners melawat ke markas Reading di Piala Liga Inggris.

Leah Williamson masuk di menit 61 menggantikan Jen Beattie. Ia lalu diberi kehormatan untuk mengenakan ban kapten yang dipasangkan oleh Katie McCabe saat masuk lapangan. Riuh tepuk tangan suporter juga mengiringi momen comeback-nya tersebut.

Meski baru kembali bermain, Williamson mampu menunjukkan kontribusi nyata bagi timnya. Pemain 26 tahun itu memberi assist dalam proses lahirnya gol keenam yang dilesakkan oleh Beth Mead di menit 80. Gol itu sekaligus menutup pesta Arsenal di markas Reading yang berakhir dengan skor 0-6.

https://kumparan.com/kumparanbolanita/leah-williamson-comeback-ke-lionesses-sarina-wiegman-senang-dia-kembali-lagi-22AB1WK5eTm

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations