LRT Bakal Dibangun di Bali, Groundbreaking Mulai 2024
Pemerintah akan memulai groundbreaking LRT di Bali mulai 2024, dengan rute mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai sampai Canggu. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Stasiun-stasiun LRT Jabodebek. Foto: Dok. PT KAI
Stasiun-stasiun LRT Jabodebek. Foto: Dok. PT KAI

Usai menuai sukses di Jakarta, pemerintah berencana membangun proyek transportasi LRT di Bali. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan proyek LRT di Bali mulai dibangun tahun depan.

"Presiden memutuskan kita lakukan studi lanjutan untuk LRT di Bali dari lapangan terbang (Bandara I Gusti Ngurah Rai) sampai Seminyak. Kalau perlu sampai Canggu, (panjangnya) 20 km," kata Luhut di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/9).

Untuk harga tiketnya, dalam rapat dipertimbangkan sekitar USD 1 hingga 2 setiap penumpang. Berharap rencana ini bisa mengintegrasikan sistem transportasi umum di Bali.

Luhut menargetkan peletakan batu pertama (groundbreaking) LRT Bali dilakukan awal 2024 karena studi soal rencana ini sudah lama dilakukan, tapi terhenti karena ada COVID-19.

"Kita hidupkan lagi karena kalau tidak dilakukan itu tahun 2026 itu airport Ngurah Rai akan stuck karena penumpang akan 24 juta pada waktu itu," ujarnya.

Selain Bali, Jokowi juga ingin LRT Jabodebek diperpanjang hingga ke Bogor kota. Sementara LRT Kelapa Gading diperpanjang hingga Manggarai.

"Kemudian juga MRT supaya juga di cross karena penggunanya sekarang ini baru 1/2 dari karena mungkin baru satu jalur, kita bikin nanti beberapa jalur," ujarnya.

Sejalan dengan rencana ini, Jokowi juga perintahkan Luhut dan para menteri terkait membuat satu organisasi yang khusus mengurusi sistem pembayaran transportasi Jabodebek. Mulai dari LRT, KRL, MRT, hingga Transjakarta.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/lrt-bakal-dibangun-di-bali-groundbreaking-mulai-2024-21H5BIT2d7N

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations