Luhut Datang, Kereta Cepat Beres
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akhirnya resmi diluncurkan Presiden Jokowi hari ini, Senin (2/10). #focus #kercepwhoosh #bisnis #text
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menhub Budi Karya Sumadi meninjau uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kamis (22/6/2023). Foto: KCIC
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menhub Budi Karya Sumadi meninjau uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kamis (22/6/2023). Foto: KCIC

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akhirnya resmi diluncurkan Presiden Jokowi hari ini, Senin (2/10). Kereta yang kini diberi nama Whoosh itu sudah dimulai pembangunannya 7 tahun lalu pada 2016.

Awalnya, Jokowi mengharapkan Whoosh bisa beroperasi pada 2019. Rencana itu kandas lantaran berbagai masalah dalam proses pembangunannya.

Jokowi kemudian menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi ketua satgas khusus dibentuk buat mempercepat pembangunan Whoosh. Luhut resmi ditunjuk pada 2021, dan jadilah Whoosh 3 tahun kemudian.

"Hari ini kita patut berbahagia dan berbangga hati bangsa Indonesia akan menorehkan tinta sejarah baru dalam dunia perkeretaapian modern dengan diresmikannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada hari ini," ujar Luhut membuka acara peresmian.

"Terus terang sejak kami menerima penugasan dari Bapak Presiden untuk melanjutkan pembangunan proyek kereta api cepat pada akhir tahun 2019 ada banyak masalah dan kendala yang kami temukan," sambungnya.

Luhut membeberkan, masalah itu di antaranya pembebasan lahan, koordinasi yang tidak bagus, sampai kesulitan pendanaan akibat pandemi COVID-19.

"Tentu tidak heran banyak pihak yang pesimis proyek ini akan bisa diselesaikan. Tapi saya ingin melaporkan Presiden, Bapak memberikan semangat kepada kami untuk menyelesaikan kereta api ini," tuturnya.

Pada hari yang bersejarah ini kita dapat membuktikan bahwa proyek ini bisa diselesaikan dan dapat dioperasikan," lanjut Luhut.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/luhut-datang-kereta-cepat-beres-21Ifxc6wbMp

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations