Luhut Sebut Ekonomi RI Ditarget Tembus 6 Persen di 2026
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia terjaga dengan baik beberapa tahun terakhir. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Presiden Cyril Ramaphosa di Afrika Selatan,  Rabu (12/7/2023). Mereka membahas banyak kerja sama mulai pasokan listrik hingga impor sapi. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Presiden Cyril Ramaphosa di Afrika Selatan, Rabu (12/7/2023). Mereka membahas banyak kerja sama mulai pasokan listrik hingga impor sapi. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia terjaga dengan baik. Ekonomi RI stabil di angka 5 persen dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Luhut, pemerintah menargetkan ekonomi akan bergerak naik lagi dalam beberapa tahun mendatang.

"Pertumbuhan ekonomi kita rata-rata 5 persen dalam beberapa tahun ini, dan kita berpikir atau berencana tahun 2026, 2027 kita akan mungkin bisa tumbuh 6 persen," ujar Luhut dalam seminar nasional kemaritiman, Jumat (29/9).

Luhut menuturkan, untuk mencapai target itu penggerak ekonomi Indonesia mesti dibuat lebih kompleks lagi. Perkembangan investasi yang digarap oleh sektor swasta juga menjadi penting.

Di samping itu, termasuk juga perkembangan digitalisasi UMKM. Didukung makin pesatnya inovasi teknologi dan minim korupsi.

"Tentu dengan membuat ekonomi kita lebih kompleks lagi, yaitu downstreaming lebih banyak," ujarnya.

Target-target tersebut nantinya akan sangat bergantung pada generasi muda. Atas dasar itu, kata Luhut, pemerintah semakin memperluas kesempatan untuk mendapat pendidikan ke luar negeri.

"Itu saya kira bisa kita dapat kalau kita semua kerja kompak, dan anda yang muda-muda belajar lah terus menimba ilmu. Pemerintah punya program juga untuk anda maju pada pusat pendidikan terkenal dunia. Beasiswa Indonesia Maju sudah ada dibuat itu, jadi dari S1 nanti bukan hanya S1-S3 saja tapi dari SMA," pungkasnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/luhut-sebut-ekonomi-ri-ditarget-tembus-6-persen-di-2026-21HZFs0nWa6

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations