Mabes TNI: Pelat Dinas Fortuner yang Sopirnya Cekcok Milik Pensiunan Jenderal
Berdasarkan penelusuran kumparan, Asep Adang adalah pensiunan jenderal TNI AU. Ia purnatugas pada 2020 dengan pangkat terakhirnya bintang dua atau marsekal muda. #newsupdate #update #news #text
Pria pakai mobil pelat Mabes TNI cekcok di Tol. Foto: Dok. Istimewa
Pria pakai mobil pelat Mabes TNI cekcok di Tol. Foto: Dok. Istimewa

Mabes TNI sudah menelusuri insiden viral pria sipil menggunakan pelat dinas terlibat cekcok di Tol Japek karena menyenggol mobil lainnya. Pria itu menggunakan pelat 84337-00 dengan pajak yang telah mati, yaitu 02-24.

Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan, hasil identifikasi, pelat ini memang resmi milik Mabes TNI. Pemiliknya adalah Asep Adang yang merupakan purnawirawan jenderal.

"Puspom TNI melakukan pengecekan di sistem database Regiden Korlantas Mabes Polri, mobil tersebut terdaftar dengan nama pemilik: Asep Adang yang kemudian diketahui sebagai seorang purnawirawan pati," kata Nugraha kepada wartawan, Jumat (12/4).

Berdasarkan penelusuran kumparan, Asep Adang adalah pensiunan jenderal TNI AU. Ia purnatugas pada 2020 dengan pangkat terakhirnya bintang dua atau marsekal muda.

Sekertaris Utama BNPT Marsekal Muda TNI Dr. Asep Adang Supriyadi. Foto: Dok. idu.ac.id
Sekertaris Utama BNPT Marsekal Muda TNI Dr. Asep Adang Supriyadi. Foto: Dok. idu.ac.id

Sekilas Profil Asep Adang

Jabatan terakhirnya adalah Sekretaris Utama BNPT. Selain itu, ia merupakan Guru Besar di Universitas Pertahanan (Unhan) di bawah Kemenhan RI.

Asep Adang adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1985 dari Korps Penerbang. Ia memulai karier sebagai penerbang pesawat transpor dengan rating pada F-27 Troopship, CN-235 dan Boeing 737-200 VIP dengan berbagai penugasan mulai dari bidang operasi, staf hingga pendidikan.

Asep Adang pernah menjabat Komandan Skuadron Udara 2/Angkut Ringan, Kepala Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma, Komandan Korps Siswa Seskoau, Komandan Lanud Husein Sastranegara Bandung, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Wakil Komandan Kodikau hingga Kepala Dinas Survei dan Pemotretan Udara.

Ketika menjabat Komandan Lanud Husein Sastranegara, Adang memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Bandung Air Show.

Sedangkan ketika menjabat Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, ia mendirikan Museum Dirgantara sebagai tempat mempelajari sejarah singkat TNI AU pada umumnya dan Lanud Halim pada khususnya.

Pria pakai mobil pelat Mabes TNI cekcok di Tol. Foto: Dok. Istimewa
Pria pakai mobil pelat Mabes TNI cekcok di Tol. Foto: Dok. Istimewa

Mabes TNI Mengusut

Nugraha menuturkan, Mabes TNI belum mendapat informasi mengapa pelat dan mobil ini bisa sampai dipakai oleh pria sipil yang terlibat cekcok di Tol Japek karena menyenggol mobil lain.

"Saat ini tim lidik Puspom TNI sedang mendatangi kediaman yang bersangkutan untuk mengkonfirmasi terkait penggunaan pelat dinas Mabes TNI noreg 84337-00," jelas Nugraha.

Sebelumnya diberitakan, cekcok itu diduga dipicu karena pria yang menggunakan mobil pelat Mabes TNI ini hendak menyalip dari kiri jalan dan menyenggol kendaraan lainnya.

Padahal, dalam aturan lalu lintas, pengemudi dilarang mendahului dari kiri tol. Termasuk menggunakan kiri jalan jika tidak dalam keadaan terdesak.

"Bapak dinas di mana?" ucap salah seorang penumpang di mobil sipil yang disenggol.

"Mabes TNI," jawab pria yang menggunakan pelat Mabes TNI yang langsung keluar dari mobilnya.

"Atas nama siapa?" tanya penumpang sipil.

"Kakak saya jenderal," jawab pria itu.

Pria itu kemudian menyebut nama kakaknya adalah Sonny Abraham.

"Sonny Abraham cari," ucap pria berkacamata itu.

Mobil Fortuner bernopol TNI menyenggol mobil lain Foto: TikTok/@cellinlina
Mobil Fortuner bernopol TNI menyenggol mobil lain Foto: TikTok/@cellinlina

Dalam penelusuran kumparan, tidak ditemukan nama pati TNI Sonny Abraham.

Pengendara Fortuner itu kemudian tancap gas sehingga pengendara mobil yang disenggolnya mengunggah peristiwa ini di TikTok.

https://kumparan.com/kumparannews/mabes-tni-pelat-dinas-fortuner-yang-sopirnya-cekcok-milik-pensiunan-jenderal-22X95KOsp0p

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations