Macam-Macam Energi Penggerak Turbin dalam Pembangkit Listrik
Oleh Berita Terkini
Sebutkan Macam-Macam Energi Penggerak Turbin, Sumber: Unsplash/Lina N
Sebutkan Macam-Macam Energi Penggerak Turbin, Sumber: Unsplash/Lina N

Energi dikenal sebagai penggerak turbin dalam pembangkit listrik. Tak hanya satu saja, namun ada beberapa energi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal tersebut. Sebutkan macam-macam energi penggerak turbin!

Pertanyaan ini terlihat cukup mudah dijawab jika diajukan kepada orang dewasa. Namun, hal tersebut belum tentu terjadi pada anak sekolah. Itulah mengapa pembahasan tentang pertanyaan ini diperlukan.

Macam-Macam Energi Penggerak Turbin

Sebutkan Macam-Macam Energi Penggerak Turbin, Sumber: Unsplash/Collab Media
Sebutkan Macam-Macam Energi Penggerak Turbin, Sumber: Unsplash/Collab Media

Mengutip buku Bahas Tuntas 1001 Soal Fisika SMP Kelas VII, VII, IX, Arif Alfatah, S.Pd.Si dan Muji Lestari, S.Si (2009: 67), energi ialah sesuatu yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha. Contohnya adalah energi untuk menggerakkan turbin agar menghasilkan listrik.

Energi tersebut tak hanya terdiri dari satu jenis saja, namun beberapa. Berikut macam-macam energi penggerak turbin untuk memproduksi listrik.

1. Uap

Di pembangkit listrik, uap dihasilkan dari air yang dipanaskan di suatu ketel. Pemanasan air ini menggunakan bahan bakar berupa batu bara, gas, atau minyak bumi. Uap sendiri bisa memutar turbin karena ada tekanan.

2. Air

Pada pembangkit listrik skala besar, air yang dibutuhkan untuk menggerakkan turbin cukup banyak. Oleh sebab itu, biasanya pihak perusahaan akan memanfaatkan air di waduk, danau, hingga air terjun. Di sisi lain, ada juga yang menggunakan ombak air laut.

3. Angin

Angin digunakan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Caranya dengan membangun kincir angin. Kincir angin inilah yang bertindak sebagai turbin. Namun, energi angin tidak selalu ada sehingga pihak perusahaan perlu menyiasatinya.

4. Panas Bumi

Panas bumi merupakan sistem yang berisi air panas, batu mineral, uap air, dan gas-gas lain dari dalam Bumi. Jadi, perusahaan perlu mengebor tanah dulu untuk mendapatkannya. Jika berhasil memperolehnya, maka tekanan dari panas bumi sudah bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin.

5. Nuklir

Konsep energi nuklir dalam menghasilkan listrik serupa dengan uap dan hanya berbeda pada bahan bakarnya saja. Jadi, energi nuklir dihasilkan dari pembelahan inti atom uranium. Pembelahan ini menghasilkan panas yang besar sehingga bisa dimanfaatkan untuk menguapkan air.

Baca juga: Mengenal Contoh Energi Kimia Menjadi Energi Gerak dan Manfaatnya

Macam-macam energi penggerak turbin ini telah dipelajari dan diterapkan di berbagai penjuru dunia. Tujuannya adalah untuk menyediakan kebutuhan listrik masyarakat yang semakin meningkat. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/macam-macam-energi-penggerak-turbin-dalam-pembangkit-listrik-21UfTSmB9p8

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations