Makna Gerak dalam Tari Gambyong yang Berasal dari Jawa
Oleh Berita Terkini
Makna Gerak dalam Tari Gambyong. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Eyestetix Studio
Makna Gerak dalam Tari Gambyong. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Eyestetix Studio

Seni tari merupakan salah satu kesenian yang banyak ditemui di berbagai daerah Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki seni tari tersendiri, salah satunya adalah tari gambyong. Ada beberapa makna gerak dalam tari gambyong.

Makna dari gerakan tari tergantung pada jenis tarinya. Makna gerak tari ini biasanya sangat kental pada tari tradisional. Tari gambyong sendiri merupakan salah satu tari tradisional.

Pesan atau Makna Gerak dalam Tari Gambyong

Makna Gerak dalam Tari Gambyong. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Eyestetix Studio
Makna Gerak dalam Tari Gambyong. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Eyestetix Studio

Dikutip dari buku Ensiklopedia Pelajar dan Umum karya Gamal Komandoko, (2010) tari Gambyong adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya dari Kota Surakarta.

Meskipun awalnya merupakan tarian rakyat, perkembangan Tari Gambyong juga dipengaruhi oleh peran Keraton Surakarta. Sejarah Tari Gambyong disebut dalam Serat Centhini yang ditulis pada abad XVIII.

Nama tarian ini diambil dari penciptanya, Mas Ajeng Gambyong, seorang penari dan sinden terkenal pada abad ke-19. Kemahiran dalam menari dan kemerduan suara Mas Ajeng Gambyong membuatnya populer di kalangan kaum muda, dan ia kemudian diundang ke Keraton Surakarta.

Tari Gambyong memiliki beberapa jenis koreografi, termasuk Tari Gambyong Pareanom, Tari Gambyong Pangkur, dan Tari Gambyong Retnokusumo. Karena termasuk tari tradisional, maka setiap gerakan dalam tari ini memiliki makna yang mendalam

Berikut ini adalah ulasan mengenai makna gerak dalam tari gambyong yang bisa digunakan sebagai paduan saat mempelajari tari ini.

Tari Gambyong menggambarkan sosok seorang putri keraton yang memiliki keanggunan, kelembutan, dan kebijaksanaan. Sifat tersebut tergambar dalam setiap gerakan tangan, kaki dan juga keluwesan tubuh sang penari.

Gerakan yang lembut dan halus menggambarkan sifat-sifat istimewa seorang putri yang dihormati dan dihargai oleh masyarakat. Karena dalam budaya Jawa, seorang putri memiliki derajat sosial yang tinggi.

Selain itu, gerakan yang ada di dalam tari ini juga memiliki makna spiritual dan religius. Di mana dalam tradisi Jawa mengaitkan tarian ini dengan Dewi Sri, simbol kesuburan.

Baca juga: Pembagian Tari Berdasarkan Bentuk Penyajiannya dalam Seni Tari

Itulah penjelasan mengenai makna dalam gerak tari Gambyong. Tari ini bukan hanya sekadar tarian, tetapi juga membawa pesan budaya dan nilai-nilai yang mendalam. Geraknya yang elegan dan simbolisme di baliknya mengajarkan tentang keindahan tradisi Jawa. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/makna-gerak-dalam-tari-gambyong-yang-berasal-dari-jawa-22Ew3apcj7R

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations