Makna Lambang OSIS pada Seragam dan Tujuan Dibentuknya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Makna Lambang OSIS  Sumber Unsplash/Rafael Atantya
Ilustrasi Makna Lambang OSIS Sumber Unsplash/Rafael Atantya

Badge untuk seragam siswa SMP dan SMA memiliki persamaan, yaitu lambang dan tulisan OSIS. Terdapat makna lambang OSIS yang perlu diketahui oleh siswa.

Seragam sekolah secara nasional mulai berlaku sejak awal tahun 1980. Tujuan seragam sekolah adalah untuk menghilangkan kesenjangan status sosial di antara sesama siswa.

Makna Lambang OSIS pada Seragam SMP dan SMA

Ilustrasi Makna Lambang OSIS  Sumber Unsplash/Ed Us
Ilustrasi Makna Lambang OSIS Sumber Unsplash/Ed Us

OSIS adalah kepanjangan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Berdasarkan buku Manajemen Layanan Khusus di Sekolah, Wildan Zulkarnain (2022:117), berikut adalah makna lambang OSIS pada seragam siswa.

  1. Lima kelopak daun bunga memiliki makna generasi muda adalah bunga harapan bangsa. Sedangkan bentuk bunga bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila.

  2. Buku terbuka, maknanya belajar untuk menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

  3. Kunci pas menunjukkan kemauan bekerja keras, yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan bebas dari ketergantungan orang lain (mandiri).

  4. Tangan terbuka, maknanya menyatakan kesediaan menolong orang lain yang lemah, memerlukan bantuan dan pertolongan.

  5. Biduk atau perahu yang melaju di lautan hidup, memiliki makna menuju masa depan yang lebih baik, yaitu tujuan nasional yang dicita-citakan.

  6. Pelangi merah putih, maknanya adalah tujuan nasional yang dicita-citakan, yaitu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

  7. Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas bermakna peristiwa tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia harus dihayati siswa sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional.

  8. Warna kuning, maknanya yaitu suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi.

  9. Warna cokelat adalah tanah Indonesia, yang maknanya berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia.

  10. Warna merah putih adalah warna kebangsaan Indonesia, yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran.

Tujuan Dibentuknya OSIS

Ilustrasi Makna Lambang OSIS  Sumber Unsplash/Rafael Atantya
Ilustrasi Makna Lambang OSIS Sumber Unsplash/Rafael Atantya

Tujuan khusus yang ingin dicapai OSIS adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan generasi penerus bangsa yang beriman dan bertakwa.

  2. Memahami serta menghargai lingkungan hidup, dan nilai moral dalam menumbuhkan rasa indah dan halus sebagai dasar pembentukan karakter budi pekerti luhur.

  3. Membangun landasan kepribadian yang kuat, hormat terhadap orangtua dan guru, serta menghargai HAM dalam konteks kemajuan budaya bangsa.

  4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan, rasa cinta tanah air, dan tetap menjunjung tinggi budaya nasional dalam era globalisasi.

  5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerja sama secara mandiri, berpikir logis, dan demokratis untuk pengembangan kepemimpinan.

  6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, namun senantiasa menghargai karya artistik, budaya, intelektual yang tidak bertentangan dengan agama.

Baca juga: Mengenal Fungsi OSIS beserta Tujuan dan Manfaatnya untuk Siswa

Lambang OSIS terdiri atas 10 unsur gambar dengan maknanya masing-masing. Makna lambang OSIS menyatakan harapan bangsa kepada siswa sebagai generasi penerus.(DK)

https://kumparan.com/berita-terkini/makna-lambang-osis-pada-seragam-dan-tujuan-dibentuknya-212qJrGnqI7

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations