Makna Pembentukan Identitas Diri dalam Dunia Psikologi
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri , sumber: unsplash/AdalartemBeliaikin
Ilustrasi Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri , sumber: unsplash/AdalartemBeliaikin

Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri? Istilah ini dipelajari lebih dalam di bidang psikologi. Pembentukan identitas diri mengacu pada cara seseorang untuk mengenali dirinya sendiri.

Hal ini melibatkan aspek-aspek tertentu, seperti kepribadian, minat, fisik, hingga peran sosial individu. Hal ini akan membantu individu dalam menciptakan pandangan yang jelaskan tentang jati dirinya.

Makna Pembentukan Identitas Diri

Ilustrasi Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri , sumber: unsplash/MelissaAskew
Ilustrasi Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri , sumber: unsplash/MelissaAskew

Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri? Pembentukan identitas diri adalah kondisi psikologi yang cukup kompleks bagi individu. Hal ini berkaitan dengan penerimaan terhadap diri sendiri, orientasi dan tujuan hidup, serta prinsip yang mempengaruhi pertimbangan dalam berbagai hal.

Memahami proses pbentukan identitas diri akan membantu seseorang dalam memahami nilai-nilai dan peran mereka di dalam masyarakat. Individu perlu mengeksplorasi berbagai aspek, seperti minat, kepribadian, dan prinsip, dan cara individu dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial.

Proses ini umumnya terjadi selama masa remaja dan mampu memengaruhi kesejahteraan psikologis maupun keseimbangan emosional seseorang.

Fungsi Pembentukan Identitas Diri

Ilustrasi Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri , sumber: unsplash/RaduFlorin
Ilustrasi Apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri , sumber: unsplash/RaduFlorin

Mengutip buku Adolescence Perkembangan Remaja oleh John W. Santrock (2003), pembentukan identitas tidak selalu terjadi secara teratur dan juga tidak terjadi secara tiba-tiba. Adapun fungsi pembentukan identitas diri di antaranya sebagai berikut:

1. Memberikan Stabilitas

Identitas diri yang jelas akan memberikan stabilitas dan kepastian tertentu kepada individu. Hal ini membantu untuk menghadapi berbagai situasi hidup agar lebih tenang dan percaya dengan kemampuan diri.

2. Membantu Memahami Diri untuk Menentukan Arah Hidup

Pembentukan identitas diri juga membantu individu dalam memahami dirinya sendiri. Contohnya, seperti ciri khas pribadi, peran, orientasi, komitmen, dan tujuan hidup..

3. Membangun Harga Diri yang Positif

Fungsi ientitas diri yang selanjutnya adalah membangun harga diri yang lebih baik dan positif. Hal ini memungkinkan individu merasa lebih optimis dalam menjalankan kehidupan.

4. Meningkatkan Daya Tahan

Identitas diri yang kuat akan membuat individu lebih mudah dalam membuat keputusan hidup, baik itu pendidikan, hubungan, dan karier. Sebab, mereka memiliki prinsip hidup yang kokoh.

Identitas diri yang sudah terbentuk dengan baik juga dapat menjadi sumber daya psikologis yang membantu seseorang dalam mengatasi segala tantangan hidup.

Baca juga: Alasan Kita Harus Mensyukuri Identitas Diri Sendiri di Kehidupan Sehari-hari

Itulah jawaban dari pertanyaan apa yang dimaksud dengan pembentukan identitas diri. Proses ini membantu setiap individu dalam mencintai diri sendiri dan memahami jati diri mereka agar hidupnya lebih bermakna. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/makna-pembentukan-identitas-diri-dalam-dunia-psikologi-226T2sd5zvb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations