Malaysia Mulai Tertutup Kabut Asap Kiriman dari Indonesia
Angka Indeks Pencemaran Udara (API) di berbagai wilayah Indonesia menyentuh level tak sehat. #NewsUpdate #Update #News #Text
Ilustrasi Malaysia tertutup kabut asap.  Foto: REUTERS / Lim Huey Teng
Ilustrasi Malaysia tertutup kabut asap. Foto: REUTERS / Lim Huey Teng

Sejumlah wilayah di Malaysia seperti Kuala Lumpur, Putrajaya, Negeri Sembilan, serta beberapa negara bagian di utara mulai tertutup kabut sejak Jumat (29/9) kemarin. Angka Indeks Pencemaran Udara (API) di wilayah itu menyentuh level tak sehat.

API di Kuala Lumpur memecahkan rekor pada angka 154,5. Wilayah paling terdampak di ibu kota berada di Cheras dan Batu Muda.

Sedangkan di Selangor rata-rata angka API berada pada 127,4. Petaling Jaya merupakan wilayah dengan kualitas udara terburuk di negara bagian itu.

Departemen Meteorologi Malaysia menetapkan angka 101 sampai 200 ke dalam level tidak sehat. Kabut asap yang menutupi Malaysia mulai meningkat pada pukul 05.00 pagi dari Jumat kemarin.

Pusat Meteorologi Khusus ASEAN mengatakan, kabut disebabkan gumpalan asap di atas pulau Sumatera yang tertiup angin kencang ke arah barat laut.

"Dalam cuaca kering berkepanjangan, peningkatan aktivitas titik api dan kondisi kabut asap yang meluas akan terus terjadi di wilayah rawan kebakaran di Sumatera bagian selatan dan tengah serta Kalimantan bagian selatan," ucap ASMC seperti dikutip dari The Star.

"Angin diprediksi akan bertiup terutama dari wilayah tenggara," sambung mereka.

https://kumparan.com/kumparannews/malaysia-mulai-tertutup-kabut-asap-kiriman-dari-indonesia-21HxLSvQloU

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations