Martina Voss-Tecklenburg Resmi Mundur dari Pelatih Timnas Wanita Jerman
Martina Voss-Tecklenburg mundur dari kursi kepelatihan Timnas Wanita Jerman atas persetujuan bersama dengan federasinya, DFB.

#bolanita #bola #bolasports #text
Martina Voss-Tecklenburg, mantan pelatih Timnas Wanita Jerman. Foto: Instagram/@martinavosstecklenburg
Martina Voss-Tecklenburg, mantan pelatih Timnas Wanita Jerman. Foto: Instagram/@martinavosstecklenburg

Setelah tak ada kepastian selama beberapa bulan, juru taktik timnas sepak bola wanita Jerman, Martina Voss-Tecklenburg, akhirnya pamit undur diri dari kursi kepelatihan. Vos-Tecklenburg mundur atas dasar kesepakatan bersama dengan dewan direksi di federasinya, Deutscher Fußball-Bund (DFB).

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dirilis DFB, mundurnya Martina Voss-Tecklenburg berkaitan dengan kegagalan Timnas Jerman di Piala Dunia Wanita 2023.

"Setelah menganalisis dengan cermat atas tersingkirnya Timnas Jerman yang mengecewakan pada Piala Dunia Wanita di Australia dan Selandia Baru, semua orang sepakat bahwa tim memerlukan awal yang baru dalam hal kepemimpinannya," tulis pernyataan DFB yang dikutip dari ESPN, Minggu (5/11).

Martina Voss-Tecklenburg ditunjuk untuk menangani The National 11–julukan Timnas Wanita Jerman–sejak 2019 lalu. Catatan positif yang pernah diraihnya selama lima tahun berkarier di Timnas Jerman adalah membawa anak-anak asuhnya mencapai final Kejuaraan Eropa 2022, sebelum dikandaskan oleh tim tuan rumah, Inggris, dengan skor 2-1.

Setahun setelahnya, Voss-Tecklenburg gagal membawa Alexandra Popp meraih hasil gemilang di turnamen akbar empat tahunan, Piala Dunia Wanita 2023. Mereka tak mampu lolos dari fase grup H setelah hanya mengumpulkan empat poin saja, hasil dari satu kali kemenangan, imbang, dan kekalahan.

Hasil mengecewakan tersebut membuat publik bertanya-tanya. Bagaimana Jerman, yang statusnya sebagai tim peringkat dua dunia, tidak bisa menjajakan kaki di babak 16 besar?

Di tengah pertanyaan besar yang belum terjawab hingga kini itu, tersebar kabar bahwa Martina Voss-Tecklenburg mengambil cuti panjang karena sakit, terhitung sejak 8 September 2023.

Alhasil, selama beberapa waktu, The National 11 “kosong” tanpa pelatih. Pada 7 Oktober, DFB akhirnya memutuskan untuk menunjuk Horst Hrubesch sebagai pelatih interim Timnas Jerman Wanita, ditemani oleh dua orang asistennya: Thoman Nörenberg dan Britta Carlson.

Hal ini membuat status Martina Voss-Tecklenburg dipertanyakan. Apakah dirinya masih diperlukan di Timnas Jerman?

Pertanyaan pun terjawab pada Sabtu (4/11) kemarin, setelah Federasi Sepak Bola Jerman, DFB, mengumumkan bahwasanya Martina Voss-Tecklenburg tak lagi menjabat sebagai pelatih Timnas Wanita Jerman atas dasar kesepakatan bersama. Padahal, ia baru saja memperpanjang kontraknya pada April kemarin hingga Kejuaraan Eropa 2025 mendatang.

“Atas nama DFB dan juga secara pribadi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Martina Voss-Tecklenburg atas kerja samanya selama beberapa tahun terakhir,” kata presiden DFB, Bernd Neuendorf, seperti dikutip dari BBC pada Minggu (5/11).

“Masuknya Timnas Jerman ke final Kejuaraan Eropa 2022 di Inggris telah memberikan dorongan yang besar bagi sepak bola wanita dan putri. Keberhasilan ini akan tetap dikaitkan dengan Martina,” imbuh Neuendorf.

Sebelum terjun ke dunia kepelatihan, Voss-Tecklenburg dulunya merupakan seorang pemain Timnas Wanita Jerman yang berkarier sejak 1984 hingga 2000. Perempuan kelahiran 22 Desember 1967 itu bermain dalam 125 penampilan dan mencetak sebanyak 27 gol untuk Jerman.

Bersama The National 11, Voss-Tecklenburg meraih berbagai prestasi yang membanggakan, di antaranya memenangkan Kejuaraan Eropa empat kali serta meraih gelar runner-up di Piala Dunia Wanita 1995.

Sebelum ditunjuk menjadi pelatih Timnas Wanita Jerman, pada 2012, Voss-Tecklenburg dipercaya untuk menangani Timnas Wanita Swiss. Selama enam tahun berkarier bersama La Nati, ia sukses membawa timnya tampil di Piala Dunia Wanita 2015 untuk kali pertama dalam sejarah.

https://kumparan.com/kumparanbolanita/martina-voss-tecklenburg-resmi-mundur-dari-pelatih-timnas-wanita-jerman-21WDBzKsu2k

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations