Ma'ruf Amin Ungkap Upaya RI Atasi Dampak El Nino, Salah Satunya Impor Beras
Wapres Ma'ruf Amin memastikan pemerintah sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi dampak el nino. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) menunjukkan beras saat kunjungannya di kompleks pergudangan modern Perum BULOG di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (11/3). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) menunjukkan beras saat kunjungannya di kompleks pergudangan modern Perum BULOG di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (11/3). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memastikan pemerintah sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi dampak el nino. Ia mengungkapkan salah satu upayanya adalah impor beras.

"Kita sudah memesan beras untuk diimpor untuk mengantisipasi sehingga stok itu diperkirakan cukup menghadapi musim el nino, ini akibat daripada el nino itu," kata Ma'ruf Amin usai meresmikan Masjid KH Hasyim Asy'ari di Ma'had Bahrul Huda, Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/8).

Namun, Ma'ruf Amin tidak mengungkapkan dari mana beras impor tersebut didatangkan. Selain impor, pemerintah juga mempercepat proses penanaman padi. Sehingga panen yang dihasilkan bisa dimaksimalkan untuk mengatasi dampak el nino.

"Penanaman padi untuk mengantisipasi itu di daerah-daerah yang diperkirakan masih bisa ditanami sebagian di Jawa Timur, Sumatera Selatan, ada di Sulawesi Selatan, dan dipercepat," ujar Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin menjelaskan langkah berikutnya adalah memaksimalkan pasokan beras yang ada di Perum Bulog. "Kemudian nanti kita sudah menyiapkan stok Bulog maupun yang harus diambil dari masyarakat," ungkap Ma'ruf Amin.

Pasokan beras Bulog saat ini masih ada 1,3 juta ton. Jumlah tersebut bakal bertambah karena Bulog masih menyerap beras di dalam negeri atau dari petani.

Selain itu, Bulog juga sedang proses mengimpor 2 juta ton beras untuk menambah pasokan sampai akhir tahun. Mayoritas beras impor itu didatangkan dari Thailand dan Vietnam.

***

Reporter: Zamachsyari Chawarazmi

https://kumparan.com/kumparanbisnis/maruf-amin-ungkap-upaya-ri-atasi-dampak-el-nino-salah-satunya-impor-beras-20xsFEc7FB9

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations