Masuk Proyek Strategis Nasional, Segini Nilai Investasi Jumbo PIK dan BSD
Proyek PIK dalam PSN ditaksir Rp 65 triliun, sementara pengembangan kawasan BSD sebesar Rp 18,54 triliun. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Ilustrasi properti di Bumi Serpong Damai. Foto: Akhmad Dody Firmansyah/Shutterstock
Ilustrasi properti di Bumi Serpong Damai. Foto: Akhmad Dody Firmansyah/Shutterstock

Kawasan elit Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Bumi Serpong Damai (BSD) masuk dalam 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) pemerintah. Kedua proyeknya adalah Pantai Indah Kapuk Tropical Concept dan Kawasan Pengembangan Terpadu di Bumi Serpong Damai dengan nilai investasi jumbo.

Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian Suroto mengatakan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kawasan PIK 2 Tropical Coastal dibiayai dengan dana bersumber non-APBN. Badan Usaha Pengusul juga akan melakukan pembangunan secara bertahap dengan rencana opening tahap I berupa danau dan tempat ibadah sebagai destinasi wisata taman bhineka paling lambat kuartal III tahun 2024.

"Proyek ini diharapkan akan menyerap 6.235 tenaga kerja secara langsung dan 13.550 tenaga kerja sebagai efek pengganda dengan nilai investasi Rp 65 triliun," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (23/3).

Sementara terkait Pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai, tidak untuk keseluruhan Kawasan BSD, tetapi hanya untuk kawasan dengan luasan sekitar 59,6 hektar. Pengembangan wilayah berfokus pada pendidikan-biomedical-digital.

Proyek ini sejalan dengan rencana pengembangan Biomedical Campus Terintegrasi di area tersebut. Hal ini untuk mendukung program pengembangan kualitas pendidikan dan kualitas penanganan kesehatan (medis) secara nasional.

Suasana mall PIK di Jakarta. Foto: Okim Komariah Dahlan/Shutterstock
Suasana mall PIK di Jakarta. Foto: Okim Komariah Dahlan/Shutterstock

Kawasan ini nantinya juga akan dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, yang mengembangkan pendidikan, riset kesehatan, ekonomi digital, pengembangan teknologi, layanan kesehatan dan biomedical. Proyek ini didukung oleh Menteri Kesehatan yang telah menerbitkan Surat Rekomendasi untuk Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Kawasan BSD City.

"Nilai investasi sekitar Rp 18,54 triliun. Proyek ini diperkirakan akan menyerap tenaga kerja sebesar 10.065 orang (secara langsung maupun tidak langsung), dengan estimasi penghematan devisa sebesar Rp 10,1 triliun dan perolehan devisa sebesar Rp 5,6 triliun dari pengembangan layanan kesehatan dan biomedical," ujarnya.

Untuk pengembangan biomedical area di BSD, pengembangan ditargetkan sampai dengan 30 tahun. Untuk milestone pertama di 2024, adalah dengan adanya grand opening biomedical campus di tahun 2024.

Keputusan 14 PSN baru ini sebelumnya dibahas dalam rapat internal yang dipimpin Presiden Jokowi dan dihadiri para menteri di Istana Negara, Senin (18/3).

Berikut 14 PSN baru:

  • Pantai Indah Kapuk Tropical Concept

  • Kawasan Industri Wiraraja di Pulau Galang

  • North Hub Development Project

  • Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate di Parigi Moutong Sulawesi Tengah

  • Kawasan Industri Patimban Industrial Estate di Subang

  • Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara

  • Kawasan Industri Kolaka Resource

  • Kawasan Pesisir Surabaya Water Front

  • Kawasan Industri Stargate Astra, Sulawesi Tenggara

  • Neo Energy Morowali

  • Kawasan Pengembangan Terpadu di Bumi Serpong Damai

  • Kawasan Industri Toapaya, Bintan

  • Jalan Tol di Section Harbour Road II

  • Tol Dalam Kota Bandung

https://kumparan.com/kumparanbisnis/masuk-proyek-strategis-nasional-segini-nilai-investasi-jumbo-pik-dan-bsd-22PWHjdSNJ8

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations