Masyarakat yang Tak Punya Rekening Bisa Transfer & Tarik Tunai dengan QRIS
BI memudahkan masyarakat yang belum terkoneksi rekening bank, bisa transfer dan tarik tunai dengan QRIS mulai 1 September 2023. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pembeli membayar dengan metode scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di warung KE Angkringan, Ampera, Jakarta, Jumat (30/7/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Pembeli membayar dengan metode scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di warung KE Angkringan, Ampera, Jakarta, Jumat (30/7/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Bank Indonesia (BI) memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransaksi. Melalui fitur terbaru, QRIS Tuntas, masyarakat bisa melakukan tarik tunai, setor tunai, dan transfer dana mulai 1 September 2023.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, QRIS Tuntas juga memudahkan masyarakat yang belum memiliki rekening di bank. Sebab selain melalui rekening, QRIS Tuntas juga bisa melalui uang elektronik.

"Ini efektif untuk menyasar masyarakat kita yang belum terkoneksi kepada rekening," kata Perry saat peluncuran QRIS Tuntas, Kamis (17/8).

Meski demikian, pengguna perlu membayar sejumlah biaya setiap kali bertransaksi menggunakan layanan ini. Biaya tarik tunai menggunakan QRIS Tuntas ditetapkan berdasarkan kesepakatan dengan industri, yakni Rp 6.500 per transaksi.

Transaksi on-us atau dalam sistem Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dilakukan melalui agen serta transaksi off-us antar-PJB. Sementara transaksi on-us intra PJB melalui ATM tidak dikenakan biaya.

"Ini lebih murah dibandingkan biaya tarik tunai off-us saat ini di ATM yang sebesar Rp 7.500 atau tarik tunai melalui agen yang dapat berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000," jelasnya.

Sedangkan biaya transfer menggunakan QRIS Tuntas adalah Rp 2.500 per transaksi sama dengan biaya transfer BI Fast. Namun BI Fast harus menggunakan rekening, sedangkan QRIS Tuntas selain pakai rekening, juga bisa dengan uang elektronik.

"Jadi biaya murah Rp 2.500. Bahkan untuk transaksi sampai dengan Rp 100 ribu per transaksi, kami sepakat untuk juga lebih murah lagi yaitu Rp 2.000 per transaksi," tutur Perry.

Sementara fitur setor tunai, biaya yang ditetapkan adalah Rp 5.000 per transaksi melalui transaksi on-us melalui agen dan transaksi off-us. Sementara itu, transaksi on-us intra PJP via ATM tidak dikenakan biaya.

"Lagi-lagi ini juga murah. Jauh lebih murah karena dibandingkan biaya setor tunai melalui agen saat ini yang dapat berkisar Rp10.000-20.000 per transaksi," pungkasnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/masyarakat-yang-tak-punya-rekening-bisa-transfer-and-tarik-tunai-dengan-qris-211CNnSMItN

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations