Memahami 3 Nilai Dasar Keterbukaan Ideologi Pancasila
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jelaskan 3 Nilai Dasar Keterbukaan Ideologi Pancasila! (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Jelaskan 3 Nilai Dasar Keterbukaan Ideologi Pancasila! (Sumber: Pixabay)

Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup, melainkan bersifat reformatif, dinamis, dan terbuka. Hal ini dimaksudkan bahwa ideologi Pancasila bersifat aktual, dinamis, antisipatif, dan senantiasa mampu menyesuaikan perkembangan zaman. Jelaskan 3 nilai dasar keterbukaan ideologi pancasila!

Keterbukaan ideologi Pancasila bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya, melainkan mengeksplisitkan wawasannya secara lebih konkrit. Sebagai suatu contoh keterbukaan ideologi Pancasila antara lain dalam kaitannya dengan kebebasan berserikat dan berkumpul.

Jelaskan 3 Nilai Dasar Keterbukaan Ideologi Pancasila!

Ilustrasi Jelaskan 3 Nilai Dasar Keterbukaan Ideologi Pancasila! (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Jelaskan 3 Nilai Dasar Keterbukaan Ideologi Pancasila! (Sumber: Pixabay)

Definisi Pancasila adalah suatu dasar nilai, serta norma untuk mengatur pemerintahan sebagai penyelenggara negara. Oleh karena itu, Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum dan kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara Republik Indonesia.

Nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila adalah nilai dasar, instrumental, dan nilai praksis. Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VIII, P. N. H Simanjuntak, berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Nilai Dasar

Hakikat kelima sila Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai dasar tersebut adalah merupakan esensi dari sila-sila Pancasila yang bersifat universal, sehingga dalam nilai dasar terkandung cita-cita, tujuan serta nilai-nilai yang baik dan benar. Nilai dasar ideologi tersebut tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

2. Nilai Instrumental

Nilai ini merupakan arahan, kebijakan, strategi, sasaran serta lembaga pelaksanaannya. Nilai instrumental menjadi penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dasar ideologi Pancasila. Misalnya, peraturan perundang–undangan yang senantiasa disesuaikan dengan perkembangan zaman serta aspirasi masyarakat. Pada aspek ini, sentiasa dapat dilakukan perubahan (reformatif).

3. Nilai Praksis

Nilai praksis merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam suatu realisasi pengamalan yang bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam realisasi praksis inilah penjabaran nilai-nilai Pancasila senantiasa berkembang dan selalu dapat dilakukan perubahan dan perbaikan.

Baca juga: Mengenal Makna dari Nilai Praksis dalam Pancasila beserta Contohnya

Setiap warga negara Indonesia harus sadar sedalam-dalamnya bahwa Pancasila adalah pandangan hidup bangsa dan bernegara, serta sumber kejiwaan masyarakat dan Negara Republik Indonesia. Semoga jawaban dari pertanyaan jelaskan 3 dasar keterbukaan ideologi Pancasila di atas dapat bermanfaat! (CHL)

https://kumparan.com/berita-terkini/memahami-3-nilai-dasar-keterbukaan-ideologi-pancasila-21g8ROg1SxG

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations