Mendag Zulhas Klaim Stok Beras Premium Banyak Namun Harga Meroket
Mendag Zulhas mengeklaim, cadangan beras premium tersedia dalam jumlah banyak. Meskipun saat ini harga beras melonjak. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Mendag Zulhas saat mengunjungi Pasar Pagi Tos 3000 Batam. Foto: Kemendag
Mendag Zulhas saat mengunjungi Pasar Pagi Tos 3000 Batam. Foto: Kemendag

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengeklaim cadangan beras premium tersedia dalam jumlah banyak. Meskipun saat ini harga beras melonjak.

“(Beras) premium itu ada barangnya, cuma kalau ini nggak bisa beli. Dia (beras) premium itu barangnya banyak, ada barangnya. Cuma harganya naik di atas HET,” kata Zulhas saat mengunjungi Transmart Cempaka Putih, Jakarta pada Senin (19/2).

Adapun HET beras premium Rp 13.900 per kg untuk Jawa, Lampung dan Sumatera Selatan beras medium adalah Rp 10.900 per kg berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras.

Sebelumnya, Zulhas menyebut, kenaikan beras premium ini disebabkan oleh supply dan demand yang berkesinambungan. Menurutnya, mundurnya panen raya berkontribusi besar dalam kurangnya stok beras premium saat ini.

“Kenapa harga beras premium naik, soal supply dan demand, tentu memang el nino panen kita mundur, itu supply-nya berkurang. karena panennya mundur ya harusnya sudah panen baru nanam, panen kemungkinan Maret (dan) Mei,” katanya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/mendag-zulhas-klaim-stok-beras-premium-banyak-namun-harga-meroket-22CBlUBBVZb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations