Mengapa Pancasila Itu Ada? Ini Jawabannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Mengapa Pancasila Itu Ada. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Mengapa Pancasila Itu Ada. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Mengapa Pancasila itu ada? Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Pancasila terdiri atas 5 sila yang masing-masing memiliki nilai yang dipegang teguh oleh bangsa Indonesia. Pancasila juga menjadi dasar pembuatan hukum di Indonesia.

Semua negara harus memiliki dasar negara agar bisa berdiri dengan kokoh. Dasar negara juga membuat suatu negara memiliki tujuan yang jelas dan negara bisa dibangun sesuai dengan cita-cita bersama.

Mengapa Pancasila Itu Ada?

Ilustrasi Mengapa Pancasila Itu Ada. Sumber: Unsplash/Olga Tutunaru
Ilustrasi Mengapa Pancasila Itu Ada. Sumber: Unsplash/Olga Tutunaru

Dikutip dari Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA, Abdulkarim (2008:8), Pancasila sudah menjadi istilah resmi sebagai dasar falsafah negara Republik Indonesia. Pancasila sudah dikenal sejak zaman Majapahit dalam buku Negarakertagama karya Mpu Prapanca dan buku Sutasoma karya Mpu Tantular.

Pancasila artinya lima dasar. Istilah ini digunakan oleh Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI untuk menyebut lima prinsip dasar negara Indonesia yang diusulkannya. Sejak saat itu, Pancasila menjadi istilah yang umum.

Mengapa Pancasila itu ada? Mengutip dari Pancasila - Eksistensi dan Aktualisasi, Affandi (2020:55), kelahiran rumusan Pancasila tidak bisa dilepaskan dari hasil karya para pendiri Indonesia yang tergabung dalam BPUPKI dan PPKI.

Pembicaraan tentang dasar negara dilakukan dalam sidang BPUPKI, kemudian diterima dan disepakati dalam sidang PPKI. Sidang yang dilakukan oleh BPUPKI sejak 28 Mei sampai 31 Juli 1945 masih belum menghasilkan keputusan terkait dengan dasar negara.

Pada 18 Agustus 1945, PPKI berhasil mengambil keputusan atas tiga hal penting, salah satunya adalah mengesahkan UUD 1945. Dengan demikian, rumusan Pembukaan UUD 1945 diterima. Secara otomatis, rumusan Pancasila yang ada di dalamnya juga diterima.

Rumusan Pancasila tidak bisa dilepaskan dari Pembukaan UUD 1945. Demikian juga sebaliknya, UUD 1945 mengandung rumusan Pancasila.

Pancasila merupakan nilai luhur bangsa Indonesia sehingga sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara sekaligus juga memberikan arah untuk masa depan bangsa Indonesia. Berikut adalah rumusan Pancasila.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

  3. Persatuan Indonesia.

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga: Penjelasan Asas atau Prinsip Utama Demokrasi Pancasila

Mengapa Pancasila itu ada? Pancasila ada karena merupakan dasar negara yang mengandung nilai luhur yang sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengapa-pancasila-itu-ada-ini-jawabannya-21g8RjwJmxT

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations