Mengenal Asal-usul Kapal Feri dan Jenisnya, Traveler Sudah Tahu?
Sebagai salah satu transportasi andalan traveler. Tahukah kamu asal kata kapal feri? #kumparanTRAVEL #newsupdate
Kapal feri Indonesia. Foto: K.Febry/Shutterstock
Kapal feri Indonesia. Foto: K.Febry/Shutterstock

Traveler tentu sudah tidak asing lagi dengan kapal feri yang jadi transportasi andalan antar-pulau. Meski akrab sebagai teman perjalanan traveler, banyak dari mereka yang salah kaprah dengan asal-usul kata "ferry" (dalam Bahasa Inggris).

Jika ditanya 'kapal feri itu apa?', kebanyakan orang akan menjawab bahwa kapal feri adalah kapal RORO atau kapal Roll On/Roll-Off yang mengangkut penumpang dan kendaraan.

Kapal feri Indonesia. Foto: Rinddyseftyan/Shutterstock
Kapal feri Indonesia. Foto: Rinddyseftyan/Shutterstock

Walau begitu, tahukah kamu bahwa kapal RORO dan kapal feri ternyata punya definisi yang berbeda? Mengutip laman Instagram resmi PT ASDP Indonesia Ferry @asdp191, kapal feri ternyata berasal dari negara-negara di Eropa.

Namun, kalian tahu nggak sih dari mana asal kata ‘ferry’ itu?

Sejarah Kapal Feri

Sejarah ferry tidak bisa lepas dari Kota Liverpool di Inggris, karena di sana terdapat layanan ferry tertua di dunia yang masih beroperasi hingga sekarang yang dikenal dengan nama ‘Mersey Ferry’.

Dan ternyata, nama kapal ferry diambil dari piagam kerajaan (Royal Charter) yang memberikan hak operasional pada kapal tersebut.

Kapal feri Indonesia. Foto: Risang Kurniawan/Shutterstock
Kapal feri Indonesia. Foto: Risang Kurniawan/Shutterstock

Dalam piagam yang diberikan oleh Raja Edward III pada tahun 1330 itu, tertulis “Granting the right of ferry there… for men, horses and goods, with leave to charge reasonable tolls”. Jadi, sejak saat itulah ‘ferry’ menjadi istilah bagi kapal pengangkut dan kapal penyeberangan.

Kapal feri mempunyai peranan penting dalam sistem angkutan antar-pulau. Ya, dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, kapal feri memungkinkan keterjangkauan kedua pulau dengan biaya yang lebih hemat, ketimbang jembatan atau terowongan.

Kapal feri Indonesia. Foto: Isvara Pranidhana/Shutterstock
Kapal feri Indonesia. Foto: Isvara Pranidhana/Shutterstock

Di Indonesia kapal feri ini tersedia untuk beberapa layanan penyeberangan, seperti di Selat Sunda antara Merak, Banten dengan Bakauheni, Lampung, penyeberangan di Selat Bali antara Ketapang, Jawa Timur, dengan Gilimanuk, Bali, dan sebagainya.

Kapal feri terutama digunakan untuk sarana penyeberangan orang, termasuk menyeberangkan kendaraan darat.

Jenis-jenis Kapal Feri

Kapal feri Indonesia. Foto: Andri wahyudi/Shutterstock
Kapal feri Indonesia. Foto: Andri wahyudi/Shutterstock

Menariknya, kapal feri ternyata juga memiliki jenis-jenisnya masing-masing. Ini bergantung pada jarak perjalanan, kapasitas kapal, kecepatan dan keadaan air yang harus dilalui.

Berikut adalah jenis-jenis dan tipe kapal feri.

Feri Ujung-Ganda

Kapal jenis ini memiliki bagian depan dan belakang yang dapat ditukar. Sehingga, kapal feri jenis ini lebih fleksibel dan dapat berlayar bolak-balik tanpa harus memutar di lautan.

Feri ujung-ganda yang terkenal termasuk Feri Pulau Staten, Feri negara bagian Washington, dan Feri Star. Pada 2008, Feri BC meluncurkan tiga feri ujung-ganda terbesar di dunia.

Hovercraft

Dikembangkan tahun 1960 hingga 1970-an, hovercraft didesain untuk mengangkut kendaran. Hovercraft terbesar yang pernah dibuat adalah adalah SR.N4. Hovercraft digantikan oleh katamaran yang hampir sama cepat, tetapi lebih tidak terpengaruh oleh keadaan laut dan cuaca.

Hydrofoil

Hydrofoil adalah kapal feri yang dikenal dengan kelebihannya, yaitu melaju pada kecepatan tinggi. Selain keberadaanya untuk menggantikan hovercraft, kapal ini juga lebih praktis, mudah, cepat, dan ekonomis.

Katamaran

Katamaran biasanya dihubungkan dengan feri kecepatan tinggi. Jalur Stena mengoperasikan katamaran terbesar di dunia, kelas Stena HSS, antara Inggris dan Irlandia.

Kendaraan jet air dapat menampung 375 kendaraan dan 1.500 penumpang. Contoh katamaran lainnya adalah Feri Britani dengan Normandie Express dan Normandie Vitesse.

RORO

Seperti sudah disinggung sebelumnya, feri Roll-On/Roll-Off adalah feri besar dan konvensional, di mana kendaraan dapat keluar masuk dengan mudah.

Feri kabel

Digunakan untuk jarak dekat, kapal ini biasa digerakkan dan dikendalikan dengan menggunakan kambel yang disambung di kedua sisi. Ada juga feri kabel yang digerakkan menggunakan tenaga manusia.

Sementara, feri arus adalah feri kabel yang menggunakan kekuatan arus sebagai sumber energi. Feri rantai dapat digunakan di sungai yang berarus laju pada jarak pendek.

Feri meja-putar

Feri jenis ini memiliki platform yang dapat diputar untuk memuat kendaraan.

Feri kereta

Feri kereta adalah sebuah kapal yang dirancang untuk membawa kereta, biasanya memiliki rel kereta.

https://kumparan.com/kumparantravel/mengenal-asal-usul-kapal-feri-dan-jenisnya-traveler-sudah-tahu-212r5ZP8L5l

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations