Mengenal Keterampilan Bernegosiasi dalam Bisnis
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi jelaskan keterampilan bernegosiasi dalam bisnis. Sumber: charlesdeluvio/unsplash
Ilustrasi jelaskan keterampilan bernegosiasi dalam bisnis. Sumber: charlesdeluvio/unsplash

Jelaskan keterampilan bernegosiasi dalam bisnis. Pertanyaan tersebut dapat menjadi refleksi bagi pebisnis mengenai sejauh mana kemampuan bisnis dan negosisasi yang dimilikinya.

Bisnis adalah kegiatan yang mempertemukan banyak orang dalam melakukan kegiatannya. Sementara itu, negosiasi adalah hal penting dalam berbisnis karena menyambungkan pemikiran pebisnis dengan pihak lain.

Jelaskan Keterampilan Bernegosiasi dalam Bisnis!

Ilustrasi jelaskan keterampilan bernegosiasi dalam bisnis. Sumber: mediensturmer/unsplash
Ilustrasi jelaskan keterampilan bernegosiasi dalam bisnis. Sumber: mediensturmer/unsplash

Negosiasi dalam bisnis merupakan kemampuan untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

Mengutip buku Negosiasi Dalam 4 Langkah, Stefano Calicchio (2022) istilah negosiasi mengacu pada kegiatan dialog antara dua pihak atau lebih, yang dilakukan dengan maksud untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Kesepakatan tersebut untuk mengamankan keuntungan bagi individu atau sekelompok orang dan untuk memenuhi berbagai kepentingan. Menjawab jelaskan keterampilan bernegosiasi dalam bisnis, beberapa ketrampilan negosiasi yang wajib dimiliki oleh pebisnis adalah:

1. Menguasai Komunikasi Verbal dan Non-Verbal

Kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal adalah kunci terpenting dalam negosiasi. Seorang pebisnis yang baik harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif.

Jika komunikasi kurang jelas, dapat menimbulkan kesalahpahaman yang bisa merubah situasi negosiasi. Bahasa tubuh juga dapat mendukung apa yang sedang disampaikan. Jangan sampai terlihat gugup atau bingung oleh lawan bicara.

2. Kemampuan Menganalisis Masalah dan Problem Solving

Seorang pebisnis yang efektif harus mampu menganalisis sebuah masalah dan menentukan kepentingan dari tiap pihak yang terlibat. Memahami masalah dengan jelas bisa membantu untuk mencari solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Setelah melakukan analisis masalah, pebisnis akan mampu mengidentifikasi isu-isu, ketertarikan pihak yang terlibat, serta tujuan akhirnya.

3. Persiapan yang Cermat

Sebelum memulai proses negosiasi, seorang pebisnis yang baik harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang baik dapat menjadi penentu dalam sebuah hasil negosiasi.

4. Mendengarkan Secara Aktif

Seorang pebisnis harus dapat mendengarkan secara aktif. Pebisnis harus memahami apa yang disampaikan oleh lawan bicara dengan baik.

5. Cerdas dalam Mengontrol Emosi

Kontrol emosi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah proses negosiasi. Pihak yang tidak sanggup mengatur emosinya, seringkali akan menjadi pihak yang menyesali keputusan atau ucapannya saat negosiasi berakhir.

6. Tunjukkan Komitmen

Untuk memastikan bahwa negosiasi yang dilakukan efektif, pebisnis perlu meyakinkan pihak lain bahwa kedua belah pihak memiliki komitmen untuk berpartisipasi dalam kesuksesan negosiasi.

7. Ketahui Gaya Negosiasi Pihak Lawan

Proses dan hasil dari negosiasi tentunya akan ditentukan oleh kedua belah pihak. Oleh sebab itu, pebisnis harus pintar dalam mempelajari karakteristik pihak lawan.

Baca Juga: Hal-Hal yang Diperlukan dalam Rapat Bisnis

Demikian uraian jawaban dari pertanyaan, jelaskan keterampilan bernegosiasi dalam bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pebisnis yang akan melakukan negosiasi. (ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-keterampilan-bernegosiasi-dalam-bisnis-22mrvUxQTbN

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations