Mengenal Macam-Macam Emosi Dasar Manusia dan Manfaatnya
Oleh Berita Terkini
Jelaskan macam-macam emosi. Sumber: pexels.com
Jelaskan macam-macam emosi. Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki emosi dasar yang sama. Akan tetapi, kemampuan mengontrol emosi setiap orang cenderung berbeda-beda. Meski begitu, tak banyak orang yang bisa jelaskan macam-macam emosi dasar manusia.

Tentu saja setiap macam emosi tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda. Setiap emosi tersebut merupakan perasaan yang muncul sebagai respons terhadap situasi tertentu yang sedang dihadapi.

Macam-Macam Emosi Dasar Manusia dan Manfaatnya

Jelaskan macam-macam emosi. Sumber:  pexels.com
Jelaskan macam-macam emosi. Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Berpikir Positif dan Melepaskan Emosi Negatif, Rury Ahmad Sururie (hal 15), berikut ini adalah macam-macam emosi dasar manusia dan manfaatnya yang menarik untuk diketahui.

1. Bahagia

Bahagia merupakan perasaan yang paling diharapkan setiap orang. Emosi ini dapat diartikan sebagai perasaan menyenangkan, seperti rasa puas, sejahtera, dan gembira. Beberapa contoh ekspresi bahagia antara lain wajah tersenyum, nada suara yang ceria, dan bahasa tubuh yang terlihat semangat.

2. Sedih

Emosi sedih dapat terbentuk saat kadar dopamin dan serotonin dalam tubuh rendah. Keduanya adalah neurotransmitter (zat kimia otak) yang memunculkan rasa bahagia pada diri seseorang. Jenis emosi ini sering kali ditandai dengan perasaan putus asa, hilang semangat, kecewa, dan suasana hati yang terus memburuk.

Ciri-ciri orang yang merasa sedih antara lain lesu, kehilangan semangat, kehilangan rasa percaya diri, lebih pendiam, dan menarik diri dari lingkungan.

3. Takut

Emosi takut dapat bermanfaat bagi tubuh agar menjadi lebih waspada terhadap bahaya. Tak hanya itu, seseorang yang takut juga dapat menjadi lebih siap untuk menghadapi bahaya tersebut.

Menariknya, jenis emosi ini memiliki peranan penting untuk membantu seseorang bertahan hidup. Beberapa cirinya antara lain mata melebar, tubuh berkeringat, napas menjadi lebih cepat, serta jantung yang berdetak lebih kencang.

4. Jijik

Jijik merupakan emosi yang muncul ketika menyukai aroma, rasa, suara, atau penampilan dari suatu hal yang membuat seseorang berusaha untuk menghindarinya. Manfaat dari emosi jijik adalah dapat terhindar dari makanan busuk yang kerap ditandai dengan aroma menyengat.

5. Marah

Perasaan marah kerap muncul saat seseorang berusaha melindungi diri atau menghadapi ancaman. Emosi ini ditandai dengan adanya rasa frustasi dan ketidakcocokan dengan situasi yang sedang dialami.

Baca Juga: Jenis-Jenis dan Fungsi Kata Penghubung dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Demikian ulasan tentang macam-macam emosi dasar manusia yang penting untuk diketahui. (Anne)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-macam-macam-emosi-dasar-manusia-dan-manfaatnya-21ztJKF4zHE

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations