Menjelajahi Keindahan Wisata Bahari di Kota Probolinggo
Oleh Jeny Dwi Pratiwi
Keindahan Pantai di Pulau Gili Ketapang. Foto: Dokumentasi Affi-Dzakii
Keindahan Pantai di Pulau Gili Ketapang. Foto: Dokumentasi Affi-Dzakii

Kota Probolinggo merupakan kota kecil di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak sekitar 100 kilometer sebelah tenggara Kota Surabaya, berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan barat.

Letak kota yang berada pada wilayah pesisir sangat menguntungkan dalam bidang kemaritiman, salah satunya yaitu Probolinggo yang memiliki banyak wisata bahari seperti Pantai Mayangan, Pulau Gili Ketapang, dan BJBR atau Bee Jay Bakau Resort.

Wisata bahari tersebut sering kali di kunjungi oleh penduduk lokal maupun dari luar wilayah Probolinggo sekalipun, dari yang balita sampai yang tua sekalipun. Tak hanya penduduk lokal, namun juga ada pengunjung dari mancanegara.

Wisata bahari tersebut pastinya merupakan salah satu pendukung pada sektor ekonomi. Dapat kita lihat bahwa wisata-wisata ini memanfaatkan kemaritiman di Probolinggo. Tak hanya itu, namun kekayaan alam dan keindahan pesisir Probolinggo juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dengan pantai-pantainya yang indah, pulau kecil, pesisir yang cantik, dan kehidupan laut yang kaya menjadikan Probolinggo sebagai destinasi wisata maritim yang menarik.

Aktivitas wisata seperti snorkeling, spot foto, dan penjelajahan di pulau kecil telah berkembang pesat di Probolinggo, memberikan peluang ekonomi tambahan bagi masyarakat setempat. Wisata Bahari juga membantu meningkatkan kesadaran akan keberlanjutan lingkungan dan perlindungan ekosistem pesisir.

Pulau Gili Ketapang

Keindahan Pantai di Pulau Gili Ketapang. Foto: Dokumentasi Affi-Dzakii
Keindahan Pantai di Pulau Gili Ketapang. Foto: Dokumentasi Affi-Dzakii

Pulau Gili Ketapang merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang popular di Probolinggo. Pulau ini dikenal dengan kehidupan lautnya yang kaya. Wisatawan dapat melakukan snorkeling di air laut yang jernih sehingga dapat melihat berbagai jenis terumbu karang dan berbagai jenis ikan tropis yang sangat indah.

Pulau ini juga menawarkan akomodasi yang nyaman bagi pengunjungnya jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pulau Gili Ketapang.

Penyeberangan ke Pulau Gili Ketapang ini memerlukan 30-40 menit dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo. Mereka akan menyeberang dengan perahu milik warga lokal dengan harga tiket penyeberangan Rp 10.000 per orang.

Namun, terdapat pula paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola, yakni Paket dengan harga tertentu yang pastinya mendapatkan fasilitas berupa tiket pergi-pulang penyeberangan, makan, dan pastinya snorkeling.

Snorkeling merupakan kegiatan yang berhubungan dengan air yang dapat melihat keindahan di bawah laut namun dengan kedalaman air yang rendah. Di pulau ini kita dapat menikmati snorkeling dengan melihat keindahan di bawah laut Probolinggo yang menjanjikan.

BJBR (BeeJay Bakau Resort)

Senja di BJBR. Foto: Dokumentasi Pribadi
Senja di BJBR. Foto: Dokumentasi Pribadi

BJBR atau BeeJay Bakau Resort merupakan salah satu wisata yang memanfaatkan hutan bakau di pesisir laut Kota Probolinggo. Tak hanya hutan bakau, namun juga terdapat berbagai pilihan aktivitas liburan yang dapat dilakukan oleh pengunjung.

Di sana terdapat banyak spot foto yang menarik, ada pula outbond, Patung Kuda Cipta Wilaha (KCW), kolam renang bagi anak-anak, penginapan, resort, dan lain sebagainya yang masih menarik.

Wisata ini merupakan salah satu pemanfaatan bahari dan maritim di wilayah Probolinggo. Harga tiketnya sendiri cukup pricey yakni Rp 30.000 untuk weekdays dan Rp 50.000 untuk weekend.

Pantai Mayangan

Menikmati Sore di Ujung Pantai Mayangan. Foto: Dokumentasi Pribadi
Menikmati Sore di Ujung Pantai Mayangan. Foto: Dokumentasi Pribadi

Pantai Mayangan merupakan salah satu wisata bahari yang dapat dikunjungi. Setiap harinya pelabuhan ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun luar daerah.

Pada pantai Mayangan ini, terdapat satu wisata yang terkenal dengan julukan “kum-kum” atau dalam Bahasa Indonesianya yaitu berendam. Banyak masyarakat yang berendam dengan tujuan sekadar ingin mandi di laut atau sebagai terapi. Rata-rata usia yang melakukan wisata kum-kum adalah para orang tua, namun tak dapat dimungkiri pula dengan para remaja.

Tak hanya itu, Pantai Mayangan juga menjanjikan keindahan alam ketika sore hari, banyak sekali remaja atau anak-anak muda yang menikmati senja dan udara laut di Pantai Mayangan ini bersama rekan-rekannya.

https://kumparan.com/jeny-dwi-pratiwi/menjelajahi-keindahan-wisata-bahari-di-kota-probolinggo-21KhVaErWGl

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations