Mentan Optimasi Lahan Rawa di Sumsel Jadi Produktif Hadapi Kondisi El Nino
Oleh Urban Id
Mentan RI, Andi Amran saat meninjau optimasi percepatan tanam lahan rawa di Sumsel, Foto : Abdul Toriq/Urban Id
Mentan RI, Andi Amran saat meninjau optimasi percepatan tanam lahan rawa di Sumsel, Foto : Abdul Toriq/Urban Id

Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman menyampaikan akan optimasi lahan rawa di Sumatra Selatan (Sumsel) dengan luasan 128.000 hektare (ha). Langkah ini dilakukan sebagai mendukung produksi nasional menghadapi kondisi El Nino dan upaya swasembada pangan.

Amran menyebutkan, potensi panen dari sebagian luasan lahan yang ada di Sumsel bisa mencapai 1 juta ton gabah atau bila dikonversi menjadi beras bisa mencapai 500.000 ton dan itu juga dapat mendorong produksi di dalam negeri sehingga dapat menekan angka impor beras di 2024.

"Baru satu provinsi, rencana kita garap di 10 provinsi di seluruh indonesia," ujar Mentan usai meninjau optimasi percepatan tanam lahan rawa di Sumsel, Senin, (13/11).

Apalagi saat ini Amran mengaku potensi keseluruhan di Sumsel mencapai 500 ribu hektare dengan rata-rata indeks produksi (IP) baru 1,1. Artinya, kalau IP tersebut bisa dinaikkan menjadi dua kali panen maka produksi yang ada bisa mencapai 3 juta ton.

"Anggaplah yang kita garap 400 ribu hektare itu saja bisa menghasilkan 2 juta ton gabah dan menghasilkan 1 juta ton beras," katanya.

Amran menilai Sumsel merupakan salah satu provinsi subur yang memiliki luasan lahan rawa terbesar di Indonesia. Bahkan telah berpengalaman, seperti mengubah rawa menjadi lahan produktif seluas 68.000 ha. Bahkan berhasil memproduksi Gabah di atas rata-rata nasional sebesar 5,4 ton per ha.

"Karena itu, wilayah ini akan di optimasi pemerintah dengan menggunakan perlengkapan canggih seperti benih unggul, pupuk dan deretan teknologi mekanisasi, " kata dia.

https://kumparan.com/urbanid/mentan-optimasi-lahan-rawa-di-sumsel-jadi-produktif-hadapi-kondisi-el-nino-21ZiEoqR6W2

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations