Milenial dan Gen Z Dominasi Pemilih di Sulawesi Utara pada Pemilu 2024
Oleh Manado Bacirita
Simulasi pemilihan umum.
Simulasi pemilihan umum.

MANADO - Milenial dan Generasi Z atau Gen Z mendominasi pemilih di Sulawesi Utara (Sulut) pada Pemilu 2024 mendatang. Tak tanggung-tanggung, dua generasi ini mencapai 52 persen dari total keseluruhan jumlah pemilih yang terdaftar.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat dan SDM KPU Sulut, Awaluddin Umbola, menyebutkan dari 1.969.603 Daftar Pemilih Tetap (DPT), lebih dari setengah merupakan pemilih milenial dan Gen Z.

Hal ini diakui oleh Awaluddin menjadi pasar bagi KPU untuk dilakukan pendidikan dan sosialisasi termasuk pencerahan terkait bagaimana Pemilu itu dan tata caranya.

Apalagi menurutnya, kelompok ini adalah masyarakat yang sangat mudah merespons secara cepat terkait dengan perkembangan di sekeliling mereka. Selain itu, mereka juga lebih mudah dan langsung mencerna apa yang kemudian terjadi saat itu.

"Artinya pendekatan ke mereka harus benar-benar baik, karena mereka memiliki daya serap atau tangkap yang sangat baik. Untuk itu, sosialiasi dan pendidikan penting agar mereka tidak salah arah," ujar Awaluddin.

Diakuinya, saat ini pihaknya berupaya mengaktifkan semua potensi yang dimiliki KPU dalam memberikan edukasi kepada pemilih gen Z dan milenial tersebut.

"Dengan jumlah pemilih yang lebih dari 50 persen, tentu sangat penting memberikan edukasi demi suksesnya Pemilu 2024," ujarnya kembali.

ivo

https://kumparan.com/manadobacirita/milenial-dan-gen-z-dominasi-pemilih-di-sulawesi-utara-pada-pemilu-2024-215cIf762Bp

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations