Milenial dan Gen Z Merapat! Ini Strategi Atur Keuangan untuk Beli Rumah
Meski survei BI mengatakan sebanyak 81 juta milenial belum punya rumah sendiri, bukan berarti keinginan untuk mendapatkan rumah pertama pupus begitu saja. Yuk ikuti 3 strategi ini!
Ilustrasi cicilan rumah. Foto: Shutterstock
Ilustrasi cicilan rumah. Foto: Shutterstock

Gaji yang pas-pasan ditambah gaya hidup yang konsumtif digadang-gadang jadi alasan milenial dan gen Z sulit memiliki rumah. Hal ini pun dibuktikan survei Bank Indonesia yang menyatakan bahwa sebanyak 81 juta milenial belum punya rumah sendiri.

Jangankan untuk membayar uang muka, memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja sudah ngos-ngosan. Apakah kamu juga merasakannya?

Meski begitu, selalu ada jalan untuk memiliki hunian pertama. Pemerintah melalui Kementerian PUPR bahkan dengan gencar mencari skema pembiayaan yang tepat bagi milenial dan gen Z.

Misalnya dengan berdiskusi dengan Kementerian Keuangan agar bunga cicilan KPR bisa disubsidi oleh pemerintah. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga berharap bunga cicilan pembelian rumah bagi milenial dan gen Z dapat ditekan di bawah 8 persen.

Strategi-strategi dari pemerintah tentu bisa berhasil jika kamu menyusun siasat dalam mengatur keuangan agar keinginan punya rumah pertamamu cepat tercapai. Jadi jangan tunggu nanti, yuk mulai lakukan 3 hal ini!

1. Sisihkan minimal 10 persen penghasilan untuk mengumpulkan DP

Jangan ragu menyisihkan 10 persen penghasilan untuk biaya DP rumah. Semakin dini kamu memulainya, semakin banyak pula dana yang bisa dikumpulkan.

Simpan tabungan tersebut di rekening terpisah, sehingga kamu tidak tergerak untuk mengambilnya untuk hal lain.

Agar lebih terukur, kamu tentukan terlebih dahulu budget rumah yang diinginkan. Misal, bila kamu menginginkan rumah senilai Rp 700 juta, maka DP yang diperlukan yaitu Rp 105 juta atau sebesar 15 persen dari harga jual.

2. Pilih properti dengan harga maksimal 5x pendapatan tahunan

Memang, semakin besar biaya yang dikeluarkan, semakin bagus pula fasilitas rumah yang didapatkan. Namun, kamu juga perlu menyadari kemampuan finansialmu dalam membeli rumah pertama. Usahakan harganya maksimal 5x pendapatan tahunan.

Ilustrasi pengajuan KPR. Foto: Shutterstock
Ilustrasi pengajuan KPR. Foto: Shutterstock

Contohnya, jika gaji tahunan adalah Rp 80 juta, maka rumah yang dibeli sebaiknya berkisar Rp 350-400 juta. Memilih properti sesuai kemampuan kita dapat meminimalisir kemungkinan kredit macet saat KPR.

3. Buat simulasi cicilan per bulan

Menyisihkan penghasilan sudah, menentukan harga properti pun sudah. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah membuat simulasi cicilan per bulan. Usahakan jumlahnya tidak lebih dari 30 persen penghasilan bulanan agar kamu tidak merasa berat dalam mengatur cash flow bulanan.

Temukan Strategi Lain dalam Mengatur Keuangan di BCA Wealth Summit 2023

Kamu juga bisa menemukan berbagai strategi lain untuk membeli rumah pertama dengan mengikuti BCA Wealth Summit 2023. Mengusung tema Find Your Way to Infinite Wealth, acara ini siap menghadirkan para industry experts untuk berbagi pengalaman dan strategi mengelola keuangan melalui konferensi online dengan berbagai macam topik menarik sesuai kebutuhanmu.

Kamu bisa menanyakan langsung keresahanmu terkait pengelolaan keuangan selama sesi konferensi berlangsung. Diadakan pada tanggal 1-15 September 2023, BCA Wealth Summit 2023 digelar secara online di bca.id/wealthsummit.

BCA Wealth Summit 2023 menghadirkan 16 ahli di bidang keuangan dan bisnis untuk berbagi informasi terkait pengelolaan finansial yang baik dan aman. Foto: dok. BCA
BCA Wealth Summit 2023 menghadirkan 16 ahli di bidang keuangan dan bisnis untuk berbagi informasi terkait pengelolaan finansial yang baik dan aman. Foto: dok. BCA

Topik-topik seputar wealth accumulation dan wealth protection menjadi bahasan utama dalam acara kali ini. Selain bisa mendapatkan berbagai insight dan pengetahuan baru soal pengelolaan kekayaan, para peserta juga dapat menikmati berbagai promo menarik.

Mulai dari cashback investasi hingga Rp 10 juta, promo pembelian asuransi berupa kendaraan listrik, serta promo suku bunga Kredit Modal Kerja dengan jaminan obligasi sebesar 6,7 persen eff.p.a. Ada pula hadiah eksklusif berupa logam mulia hingga 250 gram dan mobil listrik Wuling Air EV yang bisa dibawa pulang.

BCA Wealth Summit 2023 juga menjadi cara BCA untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Tanah Air. Bagaimana tidak, kamu bisa belajar langsung soal pengelolaan keuangan dari ahlinya melalui acara ini.

Salah satu narasumber yang diundang adalah Lo Kheng Hong. Dikenal sebagai investor legendaris di pasar modal, Lo Kheng Hong akan membagikan pengalamannya berinvestasi agar calon investor selektif dalam memilih saham. Talkshow ini juga dapat mendorong investor agar tidak terjebak saham yang cepat melonjak.

Menarik, bukan? Yuk segera daftarkan dirimu di bca.id/wealthsummit dan bersiaplah membeli rumah pertamamu dalam waktu dekat!

Advertorial ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparanbisnis/milenial-dan-gen-z-merapat-ini-strategi-atur-keuangan-untuk-beli-rumah-21Ak5kdbS63

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations