Miliarder Sukanto Tanoto Beli Hotel Mewah di China Rp 3,72 Triliun
Hotel mewah yang dibeli Sukanto Tanoto berada di Shanghai. Sebelumnya miliarder asal RI ini juga beli perusahaan popok bayi di Hong Kong. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pengusaha Sukanto Tanoto. Foto: FB @SukantoTanoto
Pengusaha Sukanto Tanoto. Foto: FB @SukantoTanoto

Perusahaan properti milik miliarder Sukanto Tanoto, Pacific Eagle Real Estate, membeli hotel mewah di Shanghai, China. Diperkirakan nilainya 1,7 miliar yuan atau USD 240 juta, setara Rp 3,72 triliun (asumsi kurs Rp 15.516 per dolar AS).

Dikutip dari Forbes, Minggu (7/1), meski rincian keuangan tidak diungkapkan, situs real estate Mingtiandi melaporkan hotel tersebut dibeli dari perusahaan pengembang China yaitu Dalian Wanda Group (Wanda Group).

Pembelian hotel tersebut untuk memperluas investasi propertinya untuk Wanda Reign on the Bund, sebuah hotel mewah dengan 193 kamar di listrik tepi laut Bund yang bersejarah di Shanghai.

Sejak dibuka tahun 2016, Wanda telah menghabiskan 3-4 miliar yuan untuk hotel bintang 7, menjadi hotel mahal yang dibangun di China.

Kunjungan Industri Tanoto Scholars Gathering 2022 di RGE Group, Pangkalan Kerinci, Riau, Selasa (5/7/2022). Foto: Annisa Thahira Madina/kumparan
Kunjungan Industri Tanoto Scholars Gathering 2022 di RGE Group, Pangkalan Kerinci, Riau, Selasa (5/7/2022). Foto: Annisa Thahira Madina/kumparan

“Sebagai investor jangka panjang, Pacific Eagle Real Estate mengakuisisi hotel Shanghai Wanda Reign on the Bund untuk penjagaan modal,” ujar juru bicara Pacific Eagle melalui email.

Wanda Reign menjadi investasi hotel kedua Pacific Eagle setelah Mondrian Duxton Singapore berisi 304 kamar, yang telah dibuka sejak Juli lalu. Pacific Eagle yang merupakan grup Royal Golden Eagle (RGE) milik keluarga Tanoto membuat terobosan di real estate Singapura dalam beberapa tahun terakhir.

Di tahun 2022, perusahaan telah membeli Tanglin Shopping Centre di kawasan belanja Singapore Orchard Road senilai USD 868 juta atau Rp 10 triliun. Rencana pembangunan kembali properti tersebut belum selesai.

Selain investasi properti di Singapura, Pacific Eagle juga menjalin mitra dengan China Resources Capital, membangun gedung perkantoran dengan 21 lantai bernama Pacific Eagle Center di Beijing.

Pacific Eagle juga membangun Prospect Park, sebuah bisnis taman terdiri dari 19 blok perkantoran di ibu kota China, dan pembangunan perumahan di Kota Rizhao yang terletak pada provinsi Shandong tenggara China.

Forbes mencatat kekayaan Sukanto Tanoto mencapai USD 3,15 miliar atau setara Rp 48,47 triliun. Sukanto merupakan pemilik Royal Golden Eagle yakni grup bisnis di pulp dan kertas, minyak mentah, dan energi.

Beli Perusahaan Popok di Hong Kong

Sebelumnya Sukanto juga mengambil alih kepemilikan perusahaan produsen popok bayi, tisu, dan berbagai produk kesehatan berbahan kertas asal Hong Kong, Vinda. Dikutip dari Reuters, Jumat (15/12), tawaran harga yang disampaikan Royal Golden Eagle yakni sebesar USD 3,35 miliar atau sekitar Rp 52 triliun.

Drypers, merek popok bayi yang diproduksi Vinda. Foto: Dok. Vinda
Drypers, merek popok bayi yang diproduksi Vinda. Foto: Dok. Vinda

Melalui laman resminya, Essity selaku pemegang saham pengendali Vinda, menyebutkan pembelian perusahaan dilakukan oleh Isola Castle Ltd. Isola Castle merupakan perusahaan yang secara tidak langsung dimiliki sepenuhnya oleh Asia Pacific Resources International Limited (APRIL).

APRIL yang merupakan perusahaan produsen kertas dan bubur kertas (pulp), merupakan salah satu lini bisnis di bawah Royal Golden Eagle.

Managing Director RGE, Belinda Tanoto, mengatakan pihaknya tidak memiliki rencana untuk merombak operasional Vinda. Termasuk pemindahan aset tetap atau perubahan besar dalam manajemen, maupun para pekerjanya.

“Visi Vinda adalah menjadi pilihan pertama di Asia untuk produk dan layanan kebersihan berkualitas tinggi,” kata putri Sukanto Tanoto itu.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/miliarder-sukanto-tanoto-beli-hotel-mewah-di-china-rp-3-72-triliun-21v1NuCvtga

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations