MIND ID Diapresiasi karena Dorong Hilirisasi Komoditas Tambang
MIND ID dinilai telah memegang peran kunci dalam menciptakan nilai tambah produk sumber daya alam nasional melalui pembangunan sejumlah proyek smelter.
Ilustrasi tambang. Foto: Shutterstock
Ilustrasi tambang. Foto: Shutterstock

Pencapaian BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID, dalam mendorong hilirisasi komoditas pertambangan diapresiasi anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade.

Menurut dia, MIND ID juga telah menjadi duta sektor pertambangan Indonesia dalam berkompetisi dengan korporasi global.

Dia mengatakan, MIND ID telah memegang peran kunci dalam menciptakan nilai tambah produk sumber daya alam nasional melalui pembangunan sejumlah proyek smelter. Langkah ini diyakini memberikan kemakmuran.

Dengan langkah progresif tersebut, dirinya yakin MIND ID mampu membuat Indonesia memiliki pengaruh yang lebih besar di pasar komoditas tambang global.

“Sudah saatnya kekayaan negara ini dikelola dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk tujuan kebangkitan dan kemakmuran bangsa demi Indonesia Emas. Melalui MIND ID kita bisa mewujudkan cita-cita mulia ini,” kata dia.

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade ditemui pasca menghadiri Sidang Paripurna DPR RI ke-14 Masa Persidangan III Tahun 2022-2023 di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/1/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan
Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade ditemui pasca menghadiri Sidang Paripurna DPR RI ke-14 Masa Persidangan III Tahun 2022-2023 di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/1/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan

Andre mengungkapkan, MIND ID harus dapat bersaing dengan sejumlah perusahaan tambang kelas dunia. Apalagi, Indonesia menjadi kunci dalam rantai pasok komoditas mineral secara global.

Terlebih, dalam industri kendaraan listrik misalnya, Andre menerangkan Indonesia menjadi pemilik cadangan nikel terbesar di dunia dengan cadangan hingga 55 juta metrik ton. Sementara produksi nikel RI menyentuh 1,8 juta ton pada 2023 atau 50% dari total produksi global.

Di samping nikel, Indonesia memiliki komoditas tambang lain yang akan mampu membuat ekosistem produksi kendaraan listrik lebih mudah diwujudkan.

“MIND ID harus menjadi ujung tombak dalam meningkatkan hilirisasi komoditas tambang nasional, sehingga pada akhirnya kami berharap semua ikhtiar akan berdampak pada peningkatan penerimaan negara termasuk kemakmuran Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Kegiatan smelter tambang MIND ID. Foto: dok. MIND ID
Kegiatan smelter tambang MIND ID. Foto: dok. MIND ID

Dalam upaya memperkuat pengaruh Indonesia pada pasar komoditas global, MIND ID telah mendorong Indometal London Ltd untuk menjadi korporasi berkelas internasional yang mampu memberi pengaruh pada pasar tambang dunia.

Di samping itu, Indonesia memiliki keuntungan yang besar dari sisi cadangan global komoditas mineral. Oleh karenanya, MIND ID beserta seluruh Anggota Holding perlu memperkuat integrasi dan kolaborasi untuk memaksimalkan nilai tambah untuk Indonesia dari sektor Pertambangan.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/mind-id-diapresiasi-karena-dorong-hilirisasi-komoditas-tambang-22mgJ2Vd1qj

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations