Museum Terbesar di Dunia Segera Dibuka di India, Luasnya 117 Ribu Meter Persegi
Yuge Yugeen Bharat National Museum akan menceritakan sejarah India sepanjang 5.000 tahun. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Ilustrasi museum. Foto: SubhankarChakraborty/Shutterstock
Ilustrasi museum. Foto: SubhankarChakraborty/Shutterstock

Museum terbesar di dunia akan segera dibuka di India. Bernama Yuge Yugeen Bharat National Museum, museum ini disebut-sebut sebagai museum terbesar di dunia, karena menampilkan sejarah India dari masa ke masa.

Dilansir Times of India, otoritas New Delhi mengatakan, museum tersebut akan menampilkan sejarah India sepanjang 5.000 tahun dalam delapan area tematik.

Museum baru di jantung ibu kota negara itu akan memiliki luas 117.000 meter persegi, yang dilengkapi dengan 950 kamar yang tersebar di ruang bawah tanah dan tiga lantai.

Ilustrasi museum. Foto: Mirko Kuzmanovic/Shutterstock
Ilustrasi museum. Foto: Mirko Kuzmanovic/Shutterstock

Perdana Menteri India, Narendra Modi, dalam sambutannya pada Hari Museum Internasional bulan Mei lalu, mengatakan bahwa Yuge Yugeen Bharat National Museum akan menggambarkan kekayaan sejarah peradaban dan budaya India.

Tiap segmennya akan menjelaskan pengetahuan India kuno hingga abad pertengahan, fase pertengahan hingga transisi, India modern, pemerintahan kolonial, perjuangan kemerdekaan, dan masa 100 tahun dari tahun 1947 dan seterusnya, termasuk visi ke depan.

Museum dengan Teknologi Canggih

Tak hanya itu, museum ini juga akan menawarkan pengalaman digital, karena memanfaatkan teknologi terkini. Pengunjung akan diajak untuk belajar sejarah melalui tur virtual.

Tur virtual tersebut memamerkan galeri melalui pameran yang akan memberi tahu pengunjung tentang sistem tata kota kuno, pengetahuan medis kuno, Weda, Upanishad, dan lainnya.

Ilustrasi museum. Foto: saiko3p/Shutterstock
Ilustrasi museum. Foto: saiko3p/Shutterstock

Kerajaan Maurya hingga Gupta, Kerajaan Vijayanagara, Kerajaan Mughal, dan pemerintahan beberapa dinasti lainnya disebutkan juga akan hadir dalam tur virtual ini.

Menurut laporan media lokal setempat, museum ini nantinya juga akan jadi tempat untuk menyimpan berbagai macam karya sejarah lainnya. Beberapa artefak kuno dan koleksi sejarah dari Museum Nasional Janpath juga akan dipindahkan ke bagian utara dan selatan museum.

https://kumparan.com/kumparantravel/museum-terbesar-di-dunia-segera-dibuka-di-india-luasnya-117-ribu-meter-persegi-20uYAKathBm

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations