Niat Sholat Jenazah Perempuan beserta Bacaan Doanya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Niat Sholat Jenazah Perempuan. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi Niat Sholat Jenazah Perempuan. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Niat sholat jenazah perempuan merupakan salah satu amalan yang penting untuk dikerjakan dalam rangkaian sholat jenazah. Pasalnya, tanpa niat sholat jenazah yang ditunaikan tidak akan bernilai sah.

Selain menunaikan niat sholat, umat muslim yang mengerjakan sholat jenazah juga perlu mengetahui bagaimana tata cara mengamalkan sholat jenazah yang sesuai dengan tuntunan Nabi.

Niat Sholat Jenazah Perempuan Lengkap dengan Latin dan Arabnya

Ilustrasi Niat Sholat Jenazah Perempuan. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi Niat Sholat Jenazah Perempuan. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Sholat jenazah merupakan amalan fardu kifayah yang berarti wajib selama belum ada yang mengerjakannya, dan menjadi sunnah jika sudah ada orang lain yang mengerjakannya. Untuk mengerjakannya umat muslim perlu mengetahui bagaimana niat sholat jenazah.

Niat sholat jenazah perempuan dan laki-laki berbeda. Untuk memudahkan umat muslim dalam mengamalkan niat sholat jenazah perempuan, berikut ini adalah bacaan niat yang disajikan lengkap dengan latin dan Arab beserta artinya yang mudah diamalkan.

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
“Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa,”.
Artinya: “Saya niat salat atas mayat ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan dan Bacaan Doanya

Ilustrasi Niat Sholat Jenazah Perempuan. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi Niat Sholat Jenazah Perempuan. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Selain niat jenazah yang berbeda, menurut buku Panduan Praktis Shalat Jenazah dan Perawatan Jenazah, Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia (2021:71), tata cara sholat jenazah perempuan dan laki-laki tentu berbeda.

Dikutip dari buku Panduan Praktis Shalat Jenazah & Perawatan Jenazah, Ahmad Fathoni El-Kaysi (2018:47), untuk menyolatkan jenazah perempuan, jenazah perlu dibaringkan dengan posisi kepala di sebelah utara dan imam atau munfarid berdiri lurus dengan bagian pantat jenazah.

Selain itu, bacaan doa saat sholat jenazah pun berbeda. Berikut ini adalah doa sholat jenazah perempuan yang disajikan lengkap dengan latin dan artinya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهاَ وارْحَمهاَ وعَافِهاَ وَاعْفُ عَنْهاَ وأَكْرِمْ نُزُلَهاَ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهاَ وَاغْسِلْهاَ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ ونَقِّهاَ مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّي الثَوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللَّهُمَّ أَبْدِلْهاَ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهاَ وَ جَارًا خَيْرًا مِنْ جَارِهَا وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهاَ وأَهْلًا خَيْراً مِنْ أهلِهاَ وَ أَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَ أَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ومِنْ عَذَابِ النَّارِ
Allahumaghfirlaha warkhamha wa'aafihaa wa'fu'anhaa wa akrim nuzulaha wawasi' madkholaha wa aghsilha bilmaai watstalji wal barodi wanaqqihaa minal khothooya kamaa yunaqqotstaubul abyadhu minaddanasi. Allahumma abdilhaa khiron min daariha wa jaaran khoiron min jaarihaa wazauwjan khoiron min zaujiha wa ahlan khoiron min ahlihaa wa adkhilhaal jannata wa'aidzhaa min 'adzaabil qabri wa min 'adzzbinnaar.
Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka.”

Baca juga: Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah Sesuai dengan Tuntunan Islam

Dengan mengetahui bagaimana niat sholat jenazah perempuan beserta tata cara dan doanya, umat muslim dapat mengamalkan sholat jenazah dengan baik. Semoga bermanfaat. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/niat-sholat-jenazah-perempuan-beserta-bacaan-doanya-21tzbwZOPQy

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations