Nilai Sila Kedua Pancasila: Mengatasi Diskriminasi Etnis dan Agama di Indonesia
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jelaskan Bagaimana Nilai-nilai Sila Kedua Pancasila dapat Digunakan dalam Upaya Mengatasi Diskriminasi Etnis dan Agama di Indonesia?. Sumber: Foto Unsplash/Clay Banks
Ilustrasi Jelaskan Bagaimana Nilai-nilai Sila Kedua Pancasila dapat Digunakan dalam Upaya Mengatasi Diskriminasi Etnis dan Agama di Indonesia?. Sumber: Foto Unsplash/Clay Banks

Jelaskan bagaimana nilai-nilai sila kedua Pancasila dapat digunakan dalam upaya mengatasi diskriminasi etnis dan agama di Indonesia? Perlu diketahui bahwa diskriminasi merupakan suatu yang biasa dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan buku Peranan Kesetaraan Gender dalam Pengembangan Karier, Gr. Muallimah, (2022:29), negara Indonesia adalah negara yang bersemboyan Bhineka Tunggal Ika. Namun, tidak dapat dipungkiri masih ada sebagai ras dan agama yang mendapat perlakuan tidak adil di tengah masyarakat.

Bagaimana Nilai-Nilai Sila Kedua Pancasila dapat Digunakan dalam Upaya Mengatasi Diskriminasi Etnis dan Agama di Indonesia?

 Ilustrasi Jelaskan Bagaimana Nilai-nilai Sila Kedua Pancasila dapat Digunakan dalam Upaya Mengatasi Diskriminasi Etnis dan Agama di Indonesia?. Sumber: Foto Unsplash/Tim Marshall
Ilustrasi Jelaskan Bagaimana Nilai-nilai Sila Kedua Pancasila dapat Digunakan dalam Upaya Mengatasi Diskriminasi Etnis dan Agama di Indonesia?. Sumber: Foto Unsplash/Tim Marshall

Jelaskan bagaimana nilai-nilai sila kedua Pancasila dapat digunakan dalam upaya mengatasi diskriminasi etnis dan agama di Indonesia?

Berdasarkan buku Super Complete Kelas 4, 5, 6 SD/MI, Meity Mudikawaty, dkk., (2018:417), sila kedua dalam Pancasila ini mewakili nilai-nilai kemanusiaan. Berikut ini merupakan penjabaran nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila.

  • Kesamaan derajat di antara setiap warga negara.

  • Simbol pengakuan atas kemanusiaan.

  • Berani membela kebenaran.

  • Rasa bangga terhadap bangsa dan negara.

  • Meliputi nilai-nilai sila ketiga hingga kelima.

Sila kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan salah satu bentuk pengejawantahan sila pertama. Namun, nilai-nilai sila kedua ini meliputi dan menjadikan nilai- nilai ketiga sila berikutnya.

Dengan demikian, sila "Kemanusiaan yang adil dan beradab" menyatakan bahwa semua manusia memiliki martabat dan derajat yang sama. Perempuan dan laki-laki derajat dan martabatnya sama. Semua rakyat Indonesia mempunyai kesamaan derajat dan martabat.

Tanpa memandang etnis dan agamanya. Oleh karena itu, semua rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban sama.

Berdasarkan buku Kekuasaan dan Pendidikan, H. A. R. Tilaar, (2003:222), norma moral Pancasila telah mengatur kehidupan bersama masyarakat Indonesia yang majemuk. Moral Pancasila mengatur bagaimana sikap toleransi dikembangkan dalam masyarakat untuk mengatasi berbagai jenis diskriminasi.

Diskriminasi dapat terjadi dalam hubungan antaretnis, hubungan agama yang pluralistik, dan lain-lain. Di masa lalu, tentu mengenal berbagai jenis diskriminasi antaretnis dalam masyarakat.

Diskriminasi tersebut antara lain merupakan sisa-sisa dari zaman kolonial yang telah mengkotak-kotakkan suku-suku bangsa di Indonesia sehingga dapat mengukuhkan cengkeraman kekuasaan kolonial.

Diskriminasi hanya dapat diatasi dengan baik antarsesama anggota masyarakat, antarsesama etnis, dan antarsesama agama.

Baca juga: Alasan Pancasila Merupakan Ideologi Paling Tepat bagi Bangsa Indonesia

Itulah penjelasan bagaimana nilai-nilai sila kedua Pancasila dapat digunakan dalam upaya mengatasi diskriminasi etnis dan agama di Indonesia. Sesama warga Indonesia, sudah seharusnya saling menghargai satu sama lain. (Adm)

https://kumparan.com/berita-terkini/nilai-sila-kedua-pancasila-mengatasi-diskriminasi-etnis-dan-agama-di-indonesia-21WazlY3MCz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations