Nutrimate, Aplikasi Karya Mahasiswa di Surabaya untuk Mengatasi Stunting
Oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Fahira bersama kedua rekannya, perancang aplikasi Nutrimate untuk mengatasi stunting. Foto: istimewa
Fahira bersama kedua rekannya, perancang aplikasi Nutrimate untuk mengatasi stunting. Foto: istimewa

Stunting merupakan permasalahan kesehatan yang kompleks di Indonesia dan membutuhkan peran berbagai pihak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Data Kemenkes (2018) menunjukkan 1 dari 3 anak Indonesia menderita stunting disebabkan kurangnya nutrisi pada anak. Selain itu, Indonesia termasuk salah satu negara dengan undernutrition.

Berangkat dari permasalahan tersebut tiga mahasiswa Sistem Informasi Unair merancang Nutrimate, sebuah aplikasi untuk membantu mengatasi permasalahan stunting di Indonesia. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Fahira Firdausi, Fikri Maulana Aziz, dan Visa Asmara.

"Mahasiswa memiliki peran penting untuk membantu menyelesaikan permasalahan stunting. Mengingat, dampak stunting pada anak bukanlah hal yang main-main. Pertumbuhan otak pada anak akan terhambat, pertumbuhan anak melambat, serta menurunkan daya imun tubuh dari anak," jelas Fahira, Minggu (12/11).

“Maka dari itu, sebagai mahasiswa kami ingin memberikan solusi dan setidaknya dapat membantu peran pemerintah Indonesia untuk menurunkan angka stunting dengan inovasi aplikasi yang kami besut yakni Nutrimate,” sambungnya.

Fahira menjelaskan, dalam aplikasi Nutrimate terdapat beberapa fitur. Yakni, rekomendasi makanan harian yang berfungsi untuk membantu orang tua dalam menentukan porsi makanan dan gizi harian anak.

Fitur lainnya yaitu Kidsgrowth yang berfungsi melakukan pencatatan atas perkembangan anak. Meals Explore and Journey menyediakan riwayat makanan yang telah diberikan oleh anak agar terpantau makanan dan gizi yang masuk pada anak. Kids Dashboard memberikan fasilitas rekapan pertumbuhan anak setiap pekannya.

“Namun, untuk saat ini inovasi kami ini masih dalam bentuk prototipe. Kami berharap bahwa inovasi ini akan terealisasi dan menjadi aplikasi yang utuh serta dapat digunakan untuk para orang tua di Indonesia, serta mendukung generasi emas Indonesia tahun 2024 dengan zero stunting,” harap Fahira.

Rancangan aplikasi tersebut pun berhasil menyabet juara 2 dalam ajang Nutri-Be 2023, sebuah lomba di bidang gizi terbesar di Indonesia awal November lalu.

https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/nutrimate-aplikasi-karya-mahasiswa-di-surabaya-untuk-mengatasi-stunting-21YrJQrGhkW

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations