Pandangan Cara Berpikir Perempuan dan Tagar #FemaleSecret di X
Oleh Roma Kyo Kae Saniro
Ilustrasi curhat masalah pribadi di media sosial  Foto: Shutterstock
Ilustrasi curhat masalah pribadi di media sosial Foto: Shutterstock

X (Twitter) kembali diramaikan dengan sebuah tagar yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengemukakan pikirannya sesuai dengan kata kunci pada tagar yang ada. Tagar (hashtag) adalah tanda pagar (#) yang digunakan pada platform sosial media, seperti Twitter untuk mengelompokkan pesan-pesan yang berkaitan dengan topik tertentu.

Tanda ini membantu pengguna untuk menemukan konten yang relevan dan berpartisipasi dalam percakapan yang lebih luas. Misalnya, jika Anda ingin berbicara tentang makanan, Anda dapat menggunakan tagar seperti #Makan atau #Kuliner. Penggunaan tagar haruslah relevan dengan topik yang dibahas.

Salah satu tagar yang banyak digunakan adalah femalesecret yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah rahasia perempuan. Sebelum membahas terkait dengan femalesecret, kita harus memahami konsep kata ‘rahasia’ terlebih dahulu.

Yang dimaksud dengan “rahasia” adalah informasi, fakta, perasaan, atau pemikiran yang sengaja dirahasiakan atau dirahasiakan dari orang lain. Rahasia dapat berupa hal-hal pribadi yang tidak diinginkan untuk diceritakan kepada orang lain atau karena alasan tertentu seseorang tidak siap untuk membagikannya kepada orang lain. Beberapa rahasia mungkin melibatkan perasaan yang kuat atau fakta penting, dan orang mungkin merasa ragu atau enggan mengungkapkannya kepada orang lain.

Ilustrasi berpikir. Foto: Cast Of Thousands/Shutterstock
Ilustrasi berpikir. Foto: Cast Of Thousands/Shutterstock

Secara umum, rahasia dapat berupa hal-hal yang ingin dirahasiakan oleh seseorang atau seseorang khawatir terkait dengan konsekuensi yang ditimbulkan jika rahasia tersebut diungkapkan. Selain itu, ada aspek etika, emosional, dan sosial dalam mengelola rahasia. Bagi sebagian orang, menyimpan rahasia dapat menjadi hal yang sangat melelahkan. Namun, bagi sebagian orang lainnya, rahasia dapat menjadi bagian alami dari kehidupan mereka.

Rahasia juga bisa terkait dengan interaksi dan hubungan sosial. Terkadang, rahasia yang dibagikan dalam suatu hubungan dapat memperkuat ikatan antarmanusia. Namun, saat rahasia yang terungkap dapat menghadirkan tantangan yang signifikan terhadap hubungan tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa ‘rahasia’ mengacu pada informasi, perasaan, atau pemikiran yang seseorang sengaja menyimpan atau menyembunyikan dari orang lain. Ini bisa menjadi aspek yang menarik untuk dipelajari dalam psikologi karena rahasia melibatkan aspek emosional, kognitif, dan interpersonal.

Rahasia dilakukan seseorang karena adanya privasi, ketidaknyamanan, perlindungan diri, dinamika hubungan, kehormatan orang lain, kontrol atas informasi, dorongan pribadi, keselamatan pribadi, dan sebagainya sebagai pertimbangan yang telah dipilih oleh masing-masing individu.

Ilustrasi perempuan.  Foto: Shutterstock
Ilustrasi perempuan. Foto: Shutterstock

Perempuan dianggap sebagai makhluk yang diungkapkan sebagai makhluk yang menggunakan perasaan yang dominan daripada pemikiran atau akal. Namun, sebenarnya ada salah satu perbedaan yang signifikan antara perempuan dan laki dalam cara berpikir. Pawestri (2023) mengungkapkan bahwa cara berpikir perempuan dan laki-laki berbeda karena pertama adalah terkait dengan kemampuan komunikasi dan berpikir dengan logika.

Hal ini terjadi bukan karena ukuran otak laki-laki yang lebih besar daripada otak perempuan. Namun, Pawestri mengungkapkan bahwa adanya materi abu-abu pada lobus laki-laki yang lebih besar daripada materi putih yang mengakibatkan laki-laki kurang peka terhadap perasaan dan emosi.

Hal ini berbanding terbalik dengan perempuan yang didominasi materi putih dalam otak yang menjadikan perempuan lebih unggul dalam berbahasa karena materi putih digunakan sebagai pengolahan informasi yang diterima otak.

Kedua, adanya faktor sosial yang membentuk pola pikir perempuan dan laki-laki. Ketiga, hal lainnya yang dapat membedakan cara berpikir antara perempuan dan laki-laki adalah adanya hormon estradiol yang merupakan salah satu jenis hormon estrogen yang lebih dominan ditemukan pada perempuan sehingga hal tersebut berbanding lurus dengan kemampuan dalam berkomunikasi.

Ilustrasi pasangan berikan hadiah. Foto: Prostock-studio/Shutterstock
Ilustrasi pasangan berikan hadiah. Foto: Prostock-studio/Shutterstock

Berbeda dengan laki-laki yang lebih berfokus pada kemampuan spasial atau ruang sehingga laki-laki lebih cenderung menyukai hal yang berbau dengan perancangan mekanis.

Keempat, pengambilan keputusan yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki berbeda karena adanya cara berpikir yang berbeda antara keduanya. Laki-laki lebih mudah untuk mengambil keputusan secara ekstrem dan terburu-buru, sedangkan perempuan harus membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengambil keputusan karena mempertimbangkan konsekuensi yang akan diperolehnya.

Kelima, kemampuan negosiasi yang cenderung dimiliki oleh perempuan lebih naik daripada laki-laki. Berdasarkan pendapat Pawestri tersebut, kita dapat mengetahui alasan munculnya stereotip terkait dengan perempuan yang didominasi oleh perasaan.

Media sosial merupakan salah satu bentuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi. Menggunakan media sosial sangat mudah (ramah) tanpa keahlian khusus. Salah satunya adalah Twitter.

Ilustrasi bermain sosial media. Foto: photobyphotoboy/Shutterstock
Ilustrasi bermain sosial media. Foto: photobyphotoboy/Shutterstock

Melalui platform tersebut, seseorang dapat menuangkan berbagai pikirannya ke masyarakat luas dari berbagai belahan bumi. Salah satu tagar yang sedang hangat dibicarakan adalah femalesecret. Pada tagar ini, pengguna akan mengungkapkan rahasia yang memungkinkan tidak pernah dibagikan sebelumnya karena alasan berbagai hal.

Hal ini senada dengan konsep rahasia yang sebelumnya telah dibahas dan terkait dengan cara berpikir perempuan. Perempuan akan mempertimbangkan banyak hal untuk menyampaikan segala hal yang menyangkut rahasia.

Seperti yang diungkapkan di atas bahwa perempuan penuh dengan kehati-hatian dalam mengungkapkan sesuatu sehingga dengan adanya tagar ini memberikan ruang bagi perempuan untuk mengungkapkan rahasianya. Namun, pastinya rahasia ini akan berubah menjadi hal yang akan diketahui oleh banyak orang.

Namun, walaupun adanya tagar femalesecret ini di X (Twitter), perempuan pun pastinya tetap melakukan pertimbangan sebelum mengunggah rahasianya di depan banyak orang di seluruh dunia. Tagar ini dapat digunakan sebagai media senang-senang.

Namun, pastinya seseorang telah siap dan pertimbangan panjang untuk memperoleh dampak yang ditulisnya di X. Tagar femalesecret menjadi media berbagi kisah menarik dan tentunya perhatikan terkait dengan dampak tulisan itu sendiri.

https://kumparan.com/romakyo-kaesa/pandangan-cara-berpikir-perempuan-dan-tagar-femalesecret-di-x-215xWqUmeoS

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations