Pemerintah Inggris & FA Suntik Dana Rp589 M untuk Kembangkan Sepak Bola Wanita
Pemerintah Inggris dan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) bakal menyuntik dana sebesar 30 juta paun atau sekitar Rp589 miliar untuk pengembangan sepak bola wanita di Inggris. #bolanita #bola #bolasports
Pemain Inggris Lauren James merayakan gol pertamanya bersama rekan setimnya pada pertandingan Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Sepak Bola Sydney, Sydney, Australia, Jumat (28/7/2023). Foto: Carl Recine/REUTERS
Pemain Inggris Lauren James merayakan gol pertamanya bersama rekan setimnya pada pertandingan Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Sepak Bola Sydney, Sydney, Australia, Jumat (28/7/2023). Foto: Carl Recine/REUTERS

Pemerintah Inggris dan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) bakal menyuntik dana sebesar 30 juta paun atau sekitar Rp589 miliar untuk pengembangan sepak bola wanita di Inggris. Angka tersebut bakal digunakan untuk membuat sekitar 30 lapangan sepak bola dengan fasilitas lengkap untuk anak-anak perempuan.

Kucuran dana itu diberikan usai Timnas Wanita Inggris meraih kejayaan di EURO 2022. Setelahnya, Lionesses juga berhasil mencapai puncak Piala Dunia Wanita 2023 lalu.

Pemberian dana tersebut diumumkan oleh Menteri Kebudayaan Inggris, Lucy Frazer, kepada Lionesses usai lakoni sesi latihan jelang UEFA Nations League di St. George's Park pada Selasa (28/11) lalu.

"The Lionesses menampilkan talenta luar biasa dan telah mencapai kesuksesan yang sangat berharga. Kemenangan mereka di Euro (2022) mencengangkan bangsa, keberhasilan mereka lolos ke final Piala Dunia juga mendatangkan kegembiraan," kata Frazer dikutip dari The Athletic.

"Selama Piala Dunia saya mengatakan bahwa kami akan melakukan segala kemungkinan untuk mendukung sepak bola wanita sehingga kami dapat menyaksikan Lionesses mengaum di panggung dunia untuk generasi yang akan datang. Hari ini, bersama FA, saya meluncurkan dana Rp589 miliar untuk memastikan generasi perempuan berikutnya memiliki kesempatan yang sama dalam dunia olahraga," lanjutnya.

Logo FA (Football Association). Foto: thefa
Logo FA (Football Association). Foto: thefa

Besaran dana tersebut rinciannya yakni 25 juta paun atau sekitar Rp491 miliar dari Pemerintah Inggris. Lalu, sisanya sebesar 5 juta paun sekitar Rp98 miliar berasal dari FA.

Total dana tersebut akan digunakan untuk membangun stadion dengan fasilitas yang canggih. Stadion akan dilengkapi ruang ganti khusus perempuan, fasilitas shower, dan toilet yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas.

Millie Bright, pemain Timnas Wanita Inggris. Foto: Instagram/@mbrighty04
Millie Bright, pemain Timnas Wanita Inggris. Foto: Instagram/@mbrighty04

Sokongan dana untuk sepak bola wanita dari pemerintah dan FA mendapat sambutan baik dari kapten Timnas Wanita Inggris, Millie Bright. Baginya, kucuran dana tersebut bisa memotivasi anak-anak perempuan untuk bermain sepak bola di tanah Britania Raya.

“Kami bangga bisa memberikan banyak hal dalam 18 bulan terakhir melalui apa yang telah kami capai di lapangan, tetapi sudah jelas bahwa kami juga ingin mendorong perubahan di luar lapangan,” tutur Bright dikutip dari The Athletic.

“Salah satu motivasi dan nilai inti terbesar kami adalah agar perempuan di seluruh negeri memiliki kesempatan yang sama (untuk bermain sepak bola).”

“Kami sangat senang melihat komitmen terhadap pendanaan ini dan janji bahwa pendanaan ini akan diprioritaskan untuk pertumbuhan sepak bola wanita dan anak perempuan sehingga apa pun motivasi bermainnya, ada area yang aman dan mudah diakses untuk dikunjungi oleh wanita,” tandas bek Chelsea tersebut.

https://kumparan.com/kumparanbolanita/pemerintah-inggris-and-fa-suntik-dana-rp589-m-untuk-kembangkan-sepak-bola-wanita-21g5sbDPSA7

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations