Pemerintah Siapkan Alokasi Penerimaan untuk 2,3 Juta Formasi CPNS di 2024
Pemerintah segera membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2024. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Rini Widyantini menjawab pertanyaan wartawan, Selasa (16/1/2024). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Rini Widyantini menjawab pertanyaan wartawan, Selasa (16/1/2024). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan

Pemerintah segera membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2024. Ada 2,3 juta formasi yang dibuka, terdiri dari 429.183 formasi di instansi pusat dan 1.867.333 formasi di instansi daerah.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rini Widyantini, mengatakan pemerintah membuka kesempatan CPNS lebih luas untuk talenta digital. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sedang menyiapkan komposisi penerimaan pegawai yang akan direkrut sesuai kebutuhan masing-masing kementerian/lembaga.

"Belum bisa (disebut), baru formasi besar. Baru diumumkan berapa formasi yang disediakan. Nanti kementerian dan lembaga harus melakukan analisis berapa kebutuhan pegawai dengan memperhatikan perbaikan layanan-layanan digital yang akan dilakukan kementerian/lembaga," ujar Rini saat ditemui usai Taspen Day di Hotel Grand Sahid Jaya, Selasa (16/1).

Rini menyebut pemerintah membuka seluas-luasnya untuk mengisi kekosongan formasi dari kementerian dan lembaga. Kemenpan RB mendorong talenta-talenta digital sehingga pemerintah bisa memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

"Tentu saja tahun ini penerimaan pegawai menyesuaikan kebutuhan dari instansi masing-masing. Paling banyak daerah. Pusat hanya sekitar 400.000-an," kata Rini.

Persiapan BUMN Peruri sebagai GovTech Indonesia dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan keterpaduan layanan digital di Indonesia. "Nanti akan ada Govtech yang akan dibangun, tentu saja sekarang sudah mulai disiapkan. Kementerian yang sudah menyiapkan Kominfo, Kemenpan RB, dan Kementerian BUMN," tutur Rini.

Rini berharap Presiden Jokowi akan meluncurkan Govtech dalam waktu dekat. "Peluncurannya masih menunggu arahan presiden, mudah-mudahan dalam bulan ini masih bisa," imbuh Rini.

Ilustrasi PNS Kemenkeu. Foto: Dok. djpb.kemenkeu.go.id
Ilustrasi PNS Kemenkeu. Foto: Dok. djpb.kemenkeu.go.id

Nantinya, Peruri akan mengembangkan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) prioritas layanan milik kementerian maupun lembaga pemerintah.

Adapun layanan yang akan dihadirkan SPBE yaitu Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Bantuan Sosial, Layanan Administrasi Kependudukan, Layanan Transaksi Keuangan Negara, Layanan Administrasi Pemerintahan, Layanan Portal Layanan Publik, Layanan Satu Data Indonesia, dan Layanan Kepolisian.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/pemerintah-siapkan-alokasi-penerimaan-untuk-2-3-juta-formasi-cpns-di-2024-21yfnq0VGMk

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations