Pemkab Sitaro Gelar Sosialisasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Kampung
Oleh Manado Bacirita
ASN di Kabupaten Sitaro mengikuti apel perdana.
ASN di Kabupaten Sitaro mengikuti apel perdana.

SITARO - Peningkatan kapasitas dan kemampuan aparatur mulai dari tingkatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hingga ke kampung atau desa terus dilakukan di Kabupaten Sitaro.

Salah satunya seperti yang akan digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), yakni menggelar sosialisasi terkait aturan perundang-undangan tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan kampung.

Kegiatan yang akan berlangsung sejak Rabu (6/9) hingga Jumat (8/9) ini, akan diikuti 500 orang peserta dari 83 kampung.

Kepala Dinas PMD Sitaro, Misje D Tamaka, mengatakan kegiatan sosialisasi itu mencakup sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait penyusunan dokumen perencanaan kampung seperti RPJMKampung dan RKPKampung.

Selain itu menurut Misje, juga akan ada sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan daerah, dan peraturan perundang-undangan terkait penyusunan laporan realisasi semester pertama dan laporan semester akhir tahun.

“Tentunya juga dengan laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBKampung dan laporan kekayaan milik kampung,” ucapnya.

Adapun tujuan utama kegiatan ini menurutnya adalah untuk memberikan pemahaman tentang peraturan perundang-undangan kepada aparatur pemerintah kampung khususnya terkait perencanaan, pengelolaan keuangan dan pelaporan.

“Setidaknya melalui kegiatan ini pula kapasitas aparat pemerintah kampung lebih meningkat dan mampu mengoptimalisasi kinerja masing-masing, serta sadar akan kedudukan, hak dan kewajibannya sehingga dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya kembali.

franky salindeho

https://kumparan.com/manadobacirita/pemkab-sitaro-gelar-sosialisasi-perencanaan-dan-pengelolaan-keuangan-kampung-218BHGdS9cb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations