Pemkab Sitaro Targetkan Belanja Produk dalam Negeri di Angka 60 Persen
Oleh Manado Bacirita
Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Denny D Kondoj (tengah) memimpin rapat Tim Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Denny D Kondoj (tengah) memimpin rapat Tim Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri.

SITARO - Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Denny D Kondoj pada rapat bersama Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kini menargetkan belanja produk dalam negeri di angka minimal 60 persen.

Hal ini ditegaskan oleh Denny, setelah melihat evaluasi realisasi belanja dan penggunaan produk dalam negeri yang baru mencapai 38,18 persen.

“Kita harus samakan persepsi untuk meningkatkan penggunaan produk lokal. Ya, minimal itu 60 persen untuk realisasi belanja barang dan jasa dengan menggunakan produk lokal," ujar Denny.

Pada rapat itu, juga dibahas tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan memperkuat pemakaian produk lokal yang ada di Kabupaten Sitaro.

Menurut Denny yang juga Ketua Tim P3DN, belanja produk dalam negeri ini menjadi salah satu instruksi presiden untuk segera direalisasikan, sehingga pada belanja APBN maupun APBD harus menggunakan produk unggulan lokal di Kabupaten Sitaro.

"Tapi tetap harus sesuai aturan termasuk pada proses pengadaan barang dan jasa harus melalui e-katalog," ujarnya.

Lebih lanjut, Denny mengaku jika untuk meningkatkan daya beli produk dalam negeri ini, juga akan menghadapi berbagai kendala. Tapi, dia yakin dan optimis apabila dengan sinergisitas yang baik dari semua pihak, niscaya kendala yang dihadapi dapat teratasi.

Di kesempatan itu, Denny juga mengapresiasi kerja keras seluruh tim dengan terus berkomitmen bahwa pemerintah akan gencar mendukung penggunaan produk dalam negeri sebagai bagian dari upaya memajukan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Karena dengan program ini, setidaknya mampu menghidupkan usaha dan jasa masyarakat yang ada di Kabupaten Sitaro," ucapnya kembali.

franky salindeho

https://kumparan.com/manadobacirita/pemkab-sitaro-targetkan-belanja-produk-dalam-negeri-di-angka-60-persen-22CqOuIWxJp

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations