Pemkot Palembang Anggarkan Rp 6 Miliar untuk ISPA Akibat Kabut Asap
Oleh Urban Id
Kondisi kabut asap di Palembang saat sore hari. (foto: Ary Priyanto/Urban Id)
Kondisi kabut asap di Palembang saat sore hari. (foto: Ary Priyanto/Urban Id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah menganggarkan dana sebesar Rp 6 miliar untuk penanggulangan kesehatan masyarakat di Bumi Sriwijaya khususnya yang terjangkit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap dari wilayah karhutla di Sumsel.

Pj Wali Kota Palembang, Ratu Dewa menyebutkan anggaran Rp 6 miliar itu disediakan Pemkot Palembang mengingat kasus ISPA sudah mencapai 14.960 orang di akhir September 2023.

"Meski asap bukan dari palembang, tapi anggaran Rp 6 miliar menyangkut kesehatan warga palembang khususnya ISPA yang telah di angka 14 ribu, " kata dia, Selasa (10/10).

Apalagi Ratu Dewa menuturkan berdasarkan data dari BMKG yang memperkirakan hujan akan mengguyur Palembang di 4 atau 6 November 2023 yang membuat pihaknya untuk mengantisipasi adanya lonjakan kembali kasus ISPA.

"Maka dari sekarang terus kita antisipasi agar tidak terjadi lonjakan ISPA, ditambah lagi prakiraan BMKG hujan akan turun di awal November 2023," kata dia.

Selain itu, Ratu Dewa berharap kabupaten yang menjadi penyumbang asap agar segera menindaklanjuti beberapa program yang sudah ada agar dampak dari Karhutla tidak berimbas ke Palembang yang membuat masyarakat terjangkit ISPA.

"Kita berharap kabupaten penyumbang asap untuk segera ditindaklanjuti programnya dalam waktu dekat agar asap tidak berimbas ke palembang, " kata dia.

https://kumparan.com/urbanid/pemkot-palembang-anggarkan-rp-6-miliar-untuk-ispa-akibat-kabut-asap-21LwcrE2BQo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations