Pengaruh Kelembaban terhadap Kepadatan Susu
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi jelaskan pengaruh kelembaban terhadap kepadatan susu. Sumber: mihail macri/unsplash
Ilustrasi jelaskan pengaruh kelembaban terhadap kepadatan susu. Sumber: mihail macri/unsplash

Produksi susu dan kepadatannya dapat dipengaruhi oleh suhu dan kelembapan. Jelaskan pengaruh kelembapan terhadap kepadatan susu!

Pengaruh kelembapan terhadap kepadatan susu adalah susu menjadi lebih padat karena adanya infeksi bakteri serta jamur penyebab mastitis.

Jelaskan Pengaruh Kelembapan Terhadap Kepadatan Susu!

Ilustrasi jelaskan pengaruh kelembaban terhadap kepadatan susu. Sumber: megumi nachev/unsplash
Ilustrasi jelaskan pengaruh kelembaban terhadap kepadatan susu. Sumber: megumi nachev/unsplash

Suhu lingkungan yang menyebabkan kelembaban secara signifikan dapat mengurangi produksi susu. Meski begitu, belum jelas apakah suhu yang memicu kelembaban tinggi tersebut juga dapat mempengaruhi komposisi dari susu.

Komposisi susu karena efek lingkungan hanya dapat terjadi dan diperburuk oleh faktor lain seperti diet dan laktasi. Efek musiman dan suhu dapat diamati jika faktor-faktor tersebut coba dihilangkan.

Hanya kandungan lemak susu yang biasanya meningkat pada musim penghujan. Produksi susu dapat meningkat selama musim ini karena juga dibantu oleh faktor pakan yang lebih banyak tersedia di musim penghujan.

Mastitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan internal ambing baik disertai perubahan fisik, kimia, mikrobiologi, dan kenaikan jumlah sel somatis terutama leukosit dan disertai dengan perubahan patologi pada jaringan ambing.

Hal ini disebabkan oleh infeksi golongan bakteri gram positif dan gram negatif. Jika ambing tidak menunjukkan gejala-gejala klinis pada waktu pemeriksaan dinamakan mastitis subklinis.

Mengutip buku Manajemen Pembibitan Ternak Ruminansia, Hidayati (2021), diagnosis mastitis klinis dapat dideteksi melalui kelainan yang muncul pada susu secara tidak normal seperti susu berwarna lain, berair, berdarah atau tampak seperti serum.

Jelaskan pengaruh kelembaban terhadap kepadatan susu. Karena adanya infeksi bakteri serta jamur penyebab mastitis, kelembaban dapat menyebabkan susu menjadi lebih padat.

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengecek mastitis adalah california mastitis test. Alat ini harus dimiliki oleh peternakan pembibitan sapi perah.

Nilai skor alat ini dapat berhubungan juga dengan nilai sel somatis. Skor tes mastiti N setara dengan nilai sel somatis berada pada kisatan 0 - 20.000 sel/mL yang dapat menunjukkan secara fisiologis bahwa susu tidak terinfeksi.

Baca Juga: Sejarah Singkat Peringatan Hari Susu Sedunia

Itulah uraian jawaban dari pertanyaan jelaskan pengaruh kelembaban terhadap kepadatan susu. Semoga informasi dapat bermanfaat bagi pemilik peternakan sapi perah. (ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengaruh-kelembaban-terhadap-kepadatan-susu-22C3mW0fIaA

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations