Pengertian Bela Negara dan Unsur-Unsur yang Dimilikinya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Bela Negara?                                Sumber Unsplash/Bisma Mahendra
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Bela Negara? Sumber Unsplash/Bisma Mahendra

Apa yang dimaksud dengan bela negara? Pertanyaan ini diajukan untuk menguji kemampuan siswa kelas 9 dalam memahami materi Pendidikan Kewarganegaraan.

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam usaha bela negara. Perihal bela negara bahkan telah tercantum dalam Peraturan Perundang-undangan.

Apa yang Dimaksud dengan Bela Negara? Pahami Penjelasannya

Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Bela Negara?                                Sumber Unsplash/Anggit Rizkianto
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Bela Negara? Sumber Unsplash/Anggit Rizkianto

Salah satu partisipasi warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan buku Tantangan Bela Negara Era Milenial, UIN Alauddin Makassar (2022:82), berikut adalah penjelasan untuk soal apa yang dimaksud dengan bela negara.

Definisi bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

Menjadi warga negara berarti siap menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu, ketika telah menjadi bagian dari suatu negara, secara tidak langsung harus memiliki sikap sigap dan ikut serta dalam bela negara.

Sikap bela negara wajib dimiliki untuk melindungi negara dari berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri. Kesadaran bela negara yang berupa kerelaan dan semangat cinta tanah air dapat memperkokoh persatuan dan kedaulatan bangsa.

Hari Bela Negara (HBN) yang ditetapkan dan diperingati pada tanggal 19 Desember merupakan peringatan untuk mengenang peristiwa Agresi Militer II Belanda.

Unsur-Unsur Bela Negara

Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Bela Negara?                                Sumber Unsplash/Nick Agus Arya
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Bela Negara? Sumber Unsplash/Nick Agus Arya

Unsur-unsur dasar bela negara antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Cinta tanah air. Salah satu bentuk cinta tanah air adalah rasa memiliki dengan cara menjaga dan merawat setiap jengkal tanah air Indonesia.

  2. Kesadaran berbangsa dan bernegara. Sadar sebagai bagian dari bangsa dan negara, untuk senantiasa memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

  3. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

  4. Rela berkorban untuk bangsa dan negara. Berkorban mementingkan kepentingan umum (bangsa dan negara) di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Baca juga: Bentuk Hak Bela Negara Bagi Warga Negara Indonesia yang Baik

Apa yang dimaksud dengan bela negara? Bela negara adalah keikutsertaan dalam pertahanan negara, yang meliputi; mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dari segala ancaman.(DK)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-bela-negara-dan-unsur-unsur-yang-dimilikinya-210ewKPiX96

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations