Pengertian Bhinneka Tunggal Ika yang Ada pada Lambang Negara Garuda Pancasi
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa. Sumber: mufid majnun/unsplash
Ilustrasi bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa. Sumber: mufid majnun/unsplash

Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Bhineka Tunggal Ika sendiri adalah semboyan ada pada lambang negara Garuda Pancasila.

Semboyan ini menggambarkan negara Indonesia yang memiliki keragaman suku, budaya, bahasa namun tetap bersatu menjadi satu bangsa dibawah ideologi Pancasila.

Bhinneka Tunggal Ika Mengandung Pengertian Bahwa Indonesia adalah Apa?

Ilustrasi bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa. Sumber: mufid majnun/unsplash
Ilustrasi bhinneka tunggal ika mengandung pengertian bahwa. Sumber: mufid majnun/unsplash

Frasa Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno, dalam bahasa Indonesia memiliki arti "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua" atau berbeda-beda namun tetap bersatu. Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam buku Sutasoma, karangan Mpu Tantular pada masa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14.

Mengutip buku Indonesiaku Bhinneka Tunggal Ika, Isra Widya Ningsih, dkk (2022), Dalam buku Sutasoma (Purudasanta), pengertian Bhinneka Tunggal Ika lebih ditekankan pada perbedaan kepercayaan juga keanekaragaman agama dan kepercayaan.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman suku, budaya, bahasa namun tetap bersatu. Dan bersatunya seluruh keragaman tersebut dibawah naungan ideologi Pancasila.

Keanekaragaman tersebut bukanlah merupakan perbedaan yang bertentangan namun justru keanekaragaman itu bersatu dalam satu sintesa yang pada gilirannya justru memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia.

Bagi bangsa Indonesia semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Perwujudan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari dilakukan dengan cara hidup saling menghargai.

Saling menghargai tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit, dan lain sebagainya. Seperti diketahui, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sangat wajar apabila Indonesia mempunyai banyak suku, budaya, bahasa, agama, ras, dan lain-lain.

Tanpa adanya kesadaran sikap untuk menjaga Bhinneka Tunggal Ika pastinya akan terjadi berbagai kekacauan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, masyarakat Indonesia harus membuang jauh-jauh sikap mementingkan dirinya sendiri atau daerahnya sendiri tanpa peduli kepentingan bersama.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dapat dilihat pada lambang negara ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Republik Indonesia yang masyarakatnya beranekaragam.

Baca Juga: Penjelasan Kesesuaian Bhinneka Tunggal Ika dengan Nilai Pancasila

Demikian uraian penjelasan semboyan Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Mari bersatu dalam keberagaman yang dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal. (ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-bhinneka-tunggal-ika-yang-ada-pada-lambang-negara-garuda-pancasi-222ZR42sBZo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations