Penjelasan Singkat Kerja Sama P4GN ASEAN
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi tuliskan secara singkat kerjasama p4gn asean. Foto: Pixabay/nguyenthuantien
Ilustrasi tuliskan secara singkat kerjasama p4gn asean. Foto: Pixabay/nguyenthuantien

ASEAN adalah organisasi geopolitik dan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. ASEAN sendiri memiliki banyak sekali bentuk kerja sama, salah satunya P4GN ASEAN. Tuliskan secara singkat kerja sama P4GN ASEAN!

Pasalnya, istilah ini kurang begitu familiar di telinga masyarakat umum. Padahal kerja sama ini sangat berguna dalam memberantas penyalahgunaan narkoba.

Kerja Sama P4GN ASEAN

Ilustrasi kerja sama P4GN ASEAN. Foto: Unsplash/Z
Ilustrasi kerja sama P4GN ASEAN. Foto: Unsplash/Z

Dikutip dari buku Menumpas Bandar, Menyongsong Fajar, Ardhi Subandri, dkk (2021), P4GN merupakan akronim dari Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika. Dalam upaya P4GN, Indonesia lewat BNN sudah melakukan kerja sama dari pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten atau Kota.

Sedangkan penjelasan tuliskan secara singkat kerjasama P4GN ASEAN bisa disarikan dari hasil pertemuan The 3rd Meeting of ASEAN Airport Interdiction Task Force (AAITF) di Pecatu – Bali, tanggal 20 – 21 Mei 2013.

Kerja sama ini berupa pemberantasan narkoba di kawasan bandar udara, pelabuhan dan wilayah perbatasan. Forum AAITF sendiri diinisiasi Indonesia untuk mengimplementasikan kerja sama antar negara ASEAN.

Adapun pertemuan pertama dan kedua telah berlangsung di Bangkok, Thailand, pada tanggal 1 – 3 Mei 2012 dan 1 November 2012.

Tujuan yang ingin dicapai dari forum ini adalah membangun jaringan kerja sama di antara negara-negara ASEAN dalam bidang interdiksi guna memutus jaringan peredaran gelap Narkoba. Selain itu tujuan bertujuan untuk mencapai ASEAN Drugs Free 2015.

Komitmen untuk mewujudkan ASEAN Drugs Free 2015 dipertegas dengan diadopsinya ASEAN Leaders’ Declaration on Drug-Free ASEAN 2015 oleh para Pemimpin ASEAN pada KTT ke-20 ASEAN di Phnom Penh, Kamboja.

Seluruh negara anggota ASEAN sepakat untuk menyamakan visi dan merealisasikan kawasan ASEAN bebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Para pemimpin negara ASEAN sepakat membuat komite yang mengkoordinasi langkah-langkah untuk mencapai bebas dari penyalahgunaan narkotika. Setiap tahun komite itu memberikan laporan proses pencapaian target kepada para pemimpin negara ASEAN.

Baca Juga: Latar Belakang Diwujudkannya Masyarakat ASEAN Bebas Narkoba

Demikianlah penjelasan singkat dari pertanyaan tuliskan secara singkat kerjasama P4GN ASEAN. Semoga informasi di atas menambah wawasan tentang kerjasama negara-negara anggota ASEAN dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba.(MZM)

https://kumparan.com/berita-terkini/penjelasan-singkat-kerja-sama-p4gn-asean-222eHJe90Y8

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations