Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Sebutkan Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi. Sumber: Unsplash/Bisma Mahendra
Ilustrasi Sebutkan Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi. Sumber: Unsplash/Bisma Mahendra

Sebutkan peran Pancasila dalam aspek ideologi! Secara sederhana, Pancasila sebagai ideologi artinya adalah Pancasila dijadikan sebagai pedoman oleh masyarakat Indonesia dalam hidupnya. Semua nilai Pancasila menjadi landasan bagi masyarakat.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila digunakan baik dalam kehidupan beragama, bersosialisasi, dan sebagainya. Karena sangat penting, masyarakat harus memahami Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Pengertian Pancasila

Ilustrasi Sebutkan Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Sebutkan Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Mengutip dari Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara, Ronto (2012:9-10), Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yakni panca yang berarti lima dan syla yang berarti baru sendi, alas, atau dasar. Jadi, Pancasila berarti berbatu sendi lima atau memiliki lima unsur.

Perumusan Pancasila diawali dalam sidang BPUPKI. Berikut adalah hasil sidangnya.

  • Tanggal 29 Mei 1945, Muhammad Yamin berpidato tentang dasar negara.

  • Tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno mengusulkan dasar negara disebut “Pancasila” dan usulan tersebut diterima secara bulat oleh sidang BPUPKI.

  • Tanggal 22 Juni 1945, sembilan tokoh nasional mengadakan pertemuan dan menghasilkan “Piagam Jakarta”.

UUD 1945 disahkan pada 18 Agustus 1945. UUD 1945 terdiri dari Pembukaan dan pasal-pasal. Pada Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4, terdapat rumusan Pancasila. Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebutkan Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi!

Ilustrasi Sebutkan Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Sebutkan Peran Pancasila dalam Aspek Ideologi. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Sebutkan peran Pancasila dalam aspek ideologi! Pancasila sebagai ideologi negara adalah tujuan bersama bangsa Indonesia yang diimplementasikan dalam Pembangunan Nasional. Pancasila juga menjadi panduan yang membimbing masyarakat Indonesia untuk bersikap dan bertingkah laku yang baik.

Semua nilai yang ada pada kelima sila Pancasila adalah patokan atau pedoman bagi bangsa Indonesia dalam berbuat di kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Nilai Pancasila memiliki kedudukan sebagai aturan tentang moral, jadi pelaksanaannya harus berdasar pada kesadaran dan keyakinan penggunanya.

Apabila aturan Pancasila sebagai ideologi negara dilanggar, pelanggarnya akan mendapat sanksi sosial dan sanksi moral. Para pelanggar tersebut tidak akan mendapat sanksi hukum. Meskipun begitu, Pancasila tidak bisa seenaknya dilanggar.

Pancasila sebagai ideologi negara juga berperan dalam pembentukan UUD 1945. Oleh karena itu, setiap peraturan yang dibuat harus berdasarkan pada suara rakyat dan cerminan dari bangsa Indonesia.

Baca juga: Pengertian Kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Sebutkan peran Pancasila dalam aspek ideologi! Pancasila adalah acuan bagi masyarakat Indonesia untuk berperilaku yang baik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/peran-pancasila-dalam-aspek-ideologi-21hibihTttm

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations