Persamaan Ajaran Pancasila dan Liberalisme
Oleh Berita Terkini
Persamaan ajaran Pancasila dengan liberalisme tampak dari pandangan bahwa manusia adalah mahkluk yang bebas - Ilustrasi Pexels/ Mufid Majnun
Persamaan ajaran Pancasila dengan liberalisme tampak dari pandangan bahwa manusia adalah mahkluk yang bebas - Ilustrasi Pexels/ Mufid Majnun

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Persamaan ajaran Pancasila dengan liberalisme tampak dari pandangan bahwa manusia adalah mahkluk yang bebas, sederajat, serta harus dilindungi haknya.

Ideologi Pancasila dan liberalisme sama-sama memiliki unsur penting seperti kebebasan individu, persamaan hak, kebebasan berpendapat, dan lain-lain. Namun, meski terlihat sama, keduanya juga memiliki perbedaan yang mencolok.

Persamaan Ajaran Pancasila dengan Liberalisme Tampak dari Pandangan bahwa Manusia adalah Mahkluk Sederajat

Ilustrasi persamaan ajaran pancasila dan liberalisme - Sumber: Pexels/Yaopimil Akbar
Ilustrasi persamaan ajaran pancasila dan liberalisme - Sumber: Pexels/Yaopimil Akbar

Untuk mengetahui persamaan antara dua hal yang berbeda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu definisi masing-masing kata terlebih dahulu. Begitu pula halnya saat membahas ideologi Pancasila dan liberalisme.

Ideologi Pancasila adalah pandangan hidup atau sistem nilai dasar yang menjadi landasan bagi negara dan seluruh bangsa Indonesia. Sementara itu, liberalisme adalah sebuah pandangan filsafat politik dan moral yang didasarkan pada kebebasan, persetujuan dari yang diperintah dan persamaan di hadapan hukum

Berdasarkan buku Sekularisme, Liberalisme, dan Pluralisme, Budhy Munawar Rachman, (2010), terdapat unsur-unsur penting dalam ideologi liberalisme. Unsur-unsur penting ini juga dijumpai dalam ideologi Pancasila.

Persamaan ajaran pancasila dengan liberalisme tampak dari pandangan bahwa manusia adalah mahkluk yang bebas, sederajat, serta harus dilindungi haknya. Berikut ini penjelasannya secara lengkap.

  1. Manusia adalah makhluk yang bebas dan sederajat.

  2. Negara harus melindungi hak-hak asasi manusia.

  3. Masyarakat harus demokratis.

  4. Ekonomi harus berbasis pasar bebas.

  5. Keadilan sosial harus diwujudkan.

Persamaan Pancasila dan liberalisme dapat diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan cara:

  • Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghormati hak asasi orang lain, berpartisipasi dalam proses demokrasi, dan bekerja keras untuk mewujudkan keadilan sosial.

  • Menerapkan nilai-nilai liberalisme dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghargai kebebasan individu, mendukung pasar bebas, dan bekerja sama untuk mewujudkan keadilan sosial.

Baca juga: Liberalisme: Ideologi yang Didasarkan pada Kebebasan dan Persamaan Hak

Dari penjelasan di atas, kini sudah diketahi bahwa persamaan ajaran Pancasila dan liberalisme tampak dari pandangan bahwa manusia adalah mahkluk yang bebas dan sederajat. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/persamaan-ajaran-pancasila-dan-liberalisme-22CGBO85nEJ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations