Pertama Kali Liburan ke Filipina? Yuk, Simak Dulu 5 Tipsnya
Pertama kali liburan ke Filipina? Ini dia tipsnya. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Wisatawan yang sedang berfoto di Bukit Cokelat di Filipina Foto: Shutter Stock
Wisatawan yang sedang berfoto di Bukit Cokelat di Filipina Foto: Shutter Stock

Bagi kamu yang pengin mencari suasana baru, Filipina bisa jadi alternatif seru untuk liburan. Enggak hanya keindahan bawah lautnya, negara berjuluk "Orient Seas" ini ternyata juga punya banyak destinasi wisata menarik.

Serunya lagi, Filipina juga menjadi negara yang menawarkan wisata ramah Muslim. Kabar baik ini tentu jadi angin segar bagi wisatawan Indonesia yang ingin pelesiran ke Filipina.

Wisata Ramah Muslim di Filipina. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Wisata Ramah Muslim di Filipina. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan

Mulai tergoda untuk ke sana? Ada baiknya simak dulu tips ini, bagi mereka yang baru pertama kali ke Filipina.

Berdasarkan wawancara kumparan dengan Head Office of Product and Market Development-ASEAN dari Departemen Pariwisata Filipina, Gwendolyn S. Batoon, berikut tips buat kamu yang pertama kali ke Filipina.

1. Riset Kecil-kecilan

Ilustrasi membuat itinerary Foto: Shutter Stock
Ilustrasi membuat itinerary Foto: Shutter Stock

Sebelum traveling, riset adalah hal yang wajib kamu lakukan. Ya, agar perjalananmu menyenangkan, kamu wajib mencari tahu destinasi yang akan dituju, hotel tempat menginap, hingga maskapai yang akan digunakan.

Untuk kamu yang ingin wisata perkotaan, Manila adalah destinasi yang wajib disambangi. Bagi mereka yang menyukai pantai dan keindahan bawah laut, Boracay hingga Palawan menjadi destinasi yang bisa disambangi.

"Untuk destinasi wisata ramah Muslim, Manila adalah pilihan yang tepat. Karena ini adalah pintu masuk wisatawan asing sebelum menjelajahi destinasi ini," ujar Gwen.

2. Install Aplikasi

Aplikasi traveling Filipina, Tourist Lifecycle App. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Aplikasi traveling Filipina, Tourist Lifecycle App. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan

Tidak hanya itu, Filipina juga telah meluncurkan aplikasi panduan wisata untuk membuat kunjungan wisatawan berjalan lancar. Kamu bisa menginstall aplikasi Tourist Lifecycle App untuk memudahkanmu saat berada di Filipina.

"Kamu harus punya appsavvy, karena semua serba aplikasi. Pemesanan lewat aplikasi, menonton bahkan lewat aplikasi. Kita punya banyak aplikasi dan kita sedang buat satu aplikasi untuk memudahkan turis," kata Gwen.

Aplikasi ini bisa memudahkan wisatawan ke tempat wisata terakreditasi untuk akomodasi, makanan, dan belanja. Aplikasi ini juga akan menawarkan perjalanan melalui transportasi terakreditasi, operator tur, dan pemandu wisata.

3. Tips Pilih Hotel

Ilustrasi hotel dengan pemandangan terindah di dunia. Foto: fokke baarssen/Shutterstock
Ilustrasi hotel dengan pemandangan terindah di dunia. Foto: fokke baarssen/Shutterstock

Sama seperti di Jakarta, harga hotel di Filipina ternyata bisa lebih mahal jika lokasinya berada di pusat kota. Meski begitu, mahal atau tidaknya sebuah hotel bisa dilihat dari bintangnya.

"Di pusat-pusat kota Filipina tak dipungkiri harga hotel akan bisa lebih mahal. Namun, jika bergeser ke destinasi lain seperti di Boracay, kamu mendapatkan hotel bintang 5, bintang 4, dan bintang 3 dengan harga terjangkau," tutur Gwen.

Semakin jauh dari pusat kota, maka harga akan lebih murah dan mungkin kamu juga bisa menemukan hostel atau tipe penginapan lainnya.

4. Siapkan Bujet Lebih

Ilustrasi bujet. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi bujet. Foto: Shutter Stock

Ketika traveling, kamu juga harus betul-betul memperhatikan alokasi bujet traveling-mu. Ini penting, karena bisa menghindarkanmu dari kehabisan bujet atau adanya biaya dan cost yang tidak terduga.

Saat ditanyai soal bujet, Gwen mengatakan bahwa itu bergantung dengan gaya traveling dan juga destinasi yang dipilih. Jika kamu adalah tipe orang yang suka shopping, maka harus menyiapkan bujet lebih. Jika kamu adalah tipe traveler yang senang backpacker atau berpetualang, maka siapkanlah bujet yang sesuai.

"Tentunya preferensi traveling saya dengan kamu berbeda, bukan? Untuk bujet harian, kamu mungkin bisa menyiapkan 50 dolar AS (sekitar Rp 761 ribu) per hari. Hanya saja itu bergantung dengan cara traveling-mu," ungkapnya.

5. Hindari Musim Hujan

Ilustrasi badai. Foto: Alexandru Chiriac/Shutterstock
Ilustrasi badai. Foto: Alexandru Chiriac/Shutterstock

Meski menjadi negara yang bisa dikunjungi kapan saja karena memiliki iklim yang sama seperti Indonesia, ternyata kamu wajib menghindari Filipina saat musim hujan.

Negara lumbung padi ini merupakan negara yang rawan akan badai taifun. Hujan lebat yang dapat membanjiri jalan utama bisa terjadi dalam kurun waktu 1 jam saja.

Belum lagi apabila hujan disertai angin kencang bisa bikin rencana liburanmu berantakan bukan. Untuk itu, kamu bisa menjadwalkan liburan ke Filipina saat musim panas, yaitu sekitar bulan Maret hingga Juni.

Bagaimana, tertarik liburan ke Filipina?

https://kumparan.com/kumparantravel/pertama-kali-liburan-ke-filipina-yuk-simak-dulu-5-tipsnya-215fEXHhBMT

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations